DIPULIHKAN UNTUK MEMULIHKAN BAGI KEMULIAAN TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Raja-Raja 8-9
Lukas 21:1-19

BACAAN HARI INI
Wahyu 14:14-20

RHEMA HARI INI
Wahyu 14:15 Maka keluarlah seorang malaikat lain dari Bait Suci; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada Dia yang duduk di atas awan itu: “Ayunkanlah sabit-Mu itu dan tuailah, karena sudah tiba saatnya untuk menuai; sebab tuaian di bumi sudah masak.”

Di zaman Yesus hidup di bumi, seorang pemungut cukai erat kaitannya dengan kehidupan yang penuh dosa. Budaya dan hukum Yahudi yang menolak untuk tunduk pada bangsa asing, membuat pemungut cukai dipandang sebagai antek-antek bangsa romawi yang memeras rakyat serta menggemukkan kantong pribadinya. Namun suatu kali, Yesus lewat di daerah tempat seorang pemungut cukai bernama Lewi tinggal. Yesus memanggilnya untuk menjadi murid-Nya. Lewi pun langsung meninggalkan pekerjaannya dan mengikut Yesus (Mat. 9:9-13). Tidak hanya itu saja, ia mengundang teman-temannya yang juga orang-orang berdosa untuk datang berjumpa dengan Yesus. Lewi berubah menjadi Matius dan hidup bagi Tuhan. Ia membawa banyak jiwa melalui pemberitaan Injilnya, bahkan menjadi salah satu rasul yang menulis kitab Injil. Dari seorang pendosa, ia diubahkan menjadi penjala manusia!

Selain Matius, tentu banyak sekali tokoh Alkitab yang memiliki kisah serupa. Satu kesamaan dari mereka adalah, MEREKA MAU MERESPONI JAMAHAN TUHAN, sehingga Tuhan memulihkan mereka secara total dan mereka bisa bangkit menjadi penuai jiwa-jiwa. Mengapa Tuhan mau memulihkan mereka? Karena Tuhan melihat ada potensi besar dalam diri mereka untuk bisa dipakai menjadi penuai jiwa-jiwa. Di samping itu, Tuhan melihat ladang sudah menguning dan siap untuk dituai. Terbukti, saat mereka mau bangkit dan dipulihkan, mereka menjadi kepanjangan tangan Tuhan yang sangat efektif.

Lalu bagaimana dengan kita? KITA PUN PUNYA PANGGILAN YANG SAMA. Tidak peduli sekelam apa pun masa lalu dan semerah apa pun dosa kita, TUHAN SIAP MEMULIHKAN kita untuk misi. Mari kita responi setiap jamahan Tuhan melalui tuntunan firman yang disampaikan setiap minggunya. Izinkan kuasa dan kasih Tuhan membersihkan jiwa kita. Percayalah bahwa Tuhan punya rencana yang besar atas hidup kita, yaitu menjadi alat-Nya yang siap dipakai untuk menuai jiwa-jiwa bagi kemuliaan nama-Nya. Haleluya!

RENUNGAN
RESPONI JAMAHAN Tuhan dan alamilah KESEMBUHAN TOTAL, lalu bersiaplah BANGKIT menjadi PENUAI JIWA di akhir zaman.

APLIKASI
1. Percayakah Anda bahwa cerita masa lalu Anda bisa dipakai Tuhan untuk menyelamatkan jiwa-jiwa yang terhilang?
2. Kendala apa yang Anda miliki ketika Anda merespon panggilan Tuhan itu?
3. Langkah nyata apa yang akan Anda lakukan untuk mulai merespon jamahan Tuhan dan bangkit menjadi penuai? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih atas apa yang Engkau izinkan terjadi dalam hidup kami. Baik atau buruk di mata kami, kami percaya Engkau punya rencana, yaitu memakai hidup kami untuk menjadi alat-Mu, menjangkau jiwa-jiwa yang terhilang. Berikan kami kekuatan, ya Tuhan, supaya kami mampu melihat, menangkap, merespons, dan masuk dalam panggilan apostolik-Mu yang besar. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”