Diselamatkan Dan Hidup Dalam Kuasa Allah

BACAAN HARI INI
Kisah Para Rasul 2:1-13

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Indra dilahirkan dalam sebuah keluarga Kristen, sejak ia masih kecil kedua orang tuanya sudah menanamkan benih iman tentang Yesus. Tapi dalam pertumbuhannya, Indra tidak begitu menghiraukan tentang hal kerohanian. Ia sibuk dengan sekolah, teman-teman dan hal lainnya. Walaupun tidak sampai masuk dalam pergaulan yang salah, namun Indra terbiasa mengandalkan kekuatannya sendiri tanpa melibatkan Tuhan dalam mengarungi hidupnya.

Suatu kali ketika mulai mengerjakan skripsinya, Indra menemui kesulitan dengan dosen pembimbingnya. Berkali-kali proposalnya di tolak, setelah akhirnya diterima dan mulai dikerjakan oleh Indra selama beberapa bulan, di bab terakhir, dosen pembimbingnya meminta Indra untuk mengganti tema skripsinya karena dianggap tidak relevan. Indra nyaris menangis karena putus asa. Ia merasa diingatkan bahwa kecerdasan dan kemampuannya bukanlah suatu hal yang bisa diandalkan. Indra datang pada Tuhan, meminta ampun dan mengakui dosa kesombongannya selama ini. Tuhan pun berkenan dengan kesungguhan dan ketulusan Indra, Roh Kudus turun dan memenuhi Indra. Dengan kekuatan baru, Indra terus perkatakan perkataan profetik. Dan akhirnya hanya dengan sedikit revisi, dosen pembimbing menyetujui pengajuan skripsinya.

Menerima keselamatan adalah satu level kemuliaan. Kita menerima kemerdekaan dari segala belenggu dosa dan kuasa kegelapan, kita diangkat menjadi anak-anak Allah. Tapi ada level kemuliaan yang lebih tinggi, yaitu hidup sebagai anak Tuhan yang dipenuhi dengan kuasa Allah. Saat kita dipenuhi Roh Kudus dan menerima babtisan Roh Kudus, pengurapan dan kuasa Allah diaktifkan dalam kehidupan kita. Kita tidak lagi hidup dalam hukum dunia. Tidak ada satu pun kuasa di dunia ini yang sanggup mengalahkan kuasa Allah yang ada dalam diri kita. Kita akan dimampukan menghadapi dan mengalahkan setiap kemustahilan. Ini adalah level kemuliaan lebih yang ingin Tuhan berikan pada kita di tahun kemuliaan-Nya ini. Teruslah bertekun dengan setia mengikut Tuhan, maka kuasa-Nya yang melampaui akal akan dimanifestasikan dalam hidup setiap kita yang percaya.

RENUNGAN
Tuhan MENYELAMATKAN kita bukan hanya agar kita hidup sebagai anak-anak-Nya, tetapi DIPENUHI DENGAN KUASA ALLAH.

APLIKASI
1. Adakah kemenangan yang belum Anda dapatkan saat ini? Dalah hal apakah itu?
2. Di level manakah kerohanian Anda saat ini? Sudahkah Anda mengalami kepenuhan Roh Kudus?
3. Apa yang Anda rasakan dan alami saat kuasa Allah ada dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Ya Bapa di surga, terima kasih atas Roh Kudus-Mu yang telah Kau berikan sebagai pembimbing dan penolong kami. Kami percaya kemuliaan-Mu akan Kau nyatakan pada kami tahun ini. Engkau akan membawa kami dari kemuliaan pada kemuliaan yang belum pernah kami lihat sebelumnya. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.