Diselamatkan Oleh Anugerah

BACAAN HARI INI
Efesus 2:1-10

RHEMA HARI INI
Efesus 2:8-9 “8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, 9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”

“Amazing grace, how sweet the sound….” Begitulah lirik awal sebuah himne yang paling dicintai sepanjang masa di semua denominasi gereja. Pengarang lirik indah itu adalah John Newton yang mengaku dirinya adalah orang terhilang yang telah ditemukan oleh anugerah.

John Newton yang lahir di London adalah anak seorang kapten kapal yang sangat dihormati. Dibesarkan dalam didikan Kristen yang taat, John bertumbuh dengan dedikasi hidup untuk Tuhan. Namun, pada usia 17 tahun, dia meninggalkan semua atribut keagamaannya. Kehidupan dunia rupanya lebih menarik untuk John muda.

Titik balik perubahan hidupnya terjadi pada 10 Mei 1974. Badai dahsyat menerjang kapal yang dikemudikan John. Saat itu, John berhadapan langsung dengan kematian. Di tengah situasi itu, ia memikirkan kembali makna kebenaran hidup dalam Kristus. Roh Kudus menggugah hatinya dan saat itu juga ia memutuskan untuk bertobat. Badai pun reda dan ia selamat. Setelah bertobat, anugerah Allah mulai mengubah hidupnya. Walaupun ia masih terlibat dalam perdagangan budak kulit hitam, namun ia mulai memperlakukan para budak dengan manusiawi. Kemudian, pada tahun 1764, Newton akhirnya ditahbiskan oleh Bishop of Lincoln dan menerima kependetaan dari Olney, Buckinghamshire. Dia tidak hanya berkhotbah di Olney tetapi di berbagai belahan dunia.

Keselamatan tidak dapat kita peroleh melalui segala usaha dan perbuatan baik kita, melainkan melalui iman berdasarkan anugerah Allah. Kuncinya adalah PERCAYA. Iman kita inilah yang dilihat sebagai kebenaran, bukan perbuatan baik kita yang tidak sempurna. Oleh karena itu, marilah kita sambut anugerah itu dengan iman percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
Kita diselamatkan oleh anugerah Tuhan, bukan karena perbuatan baik kita.

APLIKASI
• Apa Anda percaya bahwa Anda sudah diselamatkan ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, sungguh kami bersyukur karena anugerah-Mu begitu besar untuk hidup kami. Ini komitmen kami, Tuhan, untuk membalas cinta kasih-Mu dengan mempersembahkan hidup kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 119:89-176
Lukas 10:1-24