Doa Adalah Senjata

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 16 September 2016

BACAAN HARI INI

Efesus 6:10-20

RHEMA HARI INI

Efesus 6:18 dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,

Mengapa kita berdoa? Karena doa adalah satu-satunya cara bagi kita untuk menyampaikan isi hati dan pikiran kita kepada Allah. Dalam doa, kita memberikan segala beban kita ke bawah kaki Tuhan Yesus. Dalam doa, kita menyampaikan segala keinginan dan kebutuhan kita kepada Bapa kita yang baik di Sorga. Dan doa bukan saja sebagai alat komunikasi antara kita dan Allah. Doa juga bisa kita gunakan sebagai senjata.

Tuhan Yesus memberikan contoh yang sempurna bagaimana menggunakan doa sebagai senjata di Taman Getsemani (Matius 26:36-45). Di bawah tekanan akan apa yang harus Ia lalui (yaitu penyaliban dan kematian), Tuhan Yesus memilih untuk bersujud dan berdoa kepada Bapa di Sorga. Dan sebagai jawaban doa, Bapa mengirim seorang malaikat untuk menguatkan AnakNya. Kemudian Tuhan Yesus dengan penuh keberanian dan ketaatan melakukan kehendak Bapa di Sorga, yaitu menyerahkan diriNya sebagai korban penebus dosa manusia. Bagaimana dengan ketiga murid Tuhan Yesus yang bersamaNya di Taman Getsemani? Karena mereka tidak berdoa dan berjaga-jaga, mereka menjadi sangat lemah dan ketakutan ketika musuh menyerang. Alkitab mencatat bahwa semua murid Tuhan Yesus melarikan diri ketika Ia ditangkap oleh musuh-musuhNya, tak terkecuali Petrus, Yohanes dan Yakobus.

Kadangkala kesibukan kita di siang hari membuat kita merasa “terlalu lelah” untuk berdoa di malam hari. Kita pikir, tidur jasmani saja akan membuat kita kembali segar dan kuat untuk menghadapi tantangan keesokan harinya. Padahal ketika kita meluangkan waktu 15 menit saja untuk berdoa dengan sungguh-sungguh dan menyampaikan beban dan keluh kesah kita di hadapanNya, Bapa di Sorga pasti mengirimkan malaikatNya untuk menguatkan kita. Dan kita pasti dimampukan untuk melalui berbagai tantangan, masalah ataupun cobaan dalam hidup kita. Marilah kita terus berjaga-jaga dalam doa seperti Tuhan Yesus berjaga-jaga dalam doa karena doa kita adalah senjata untuk meraih kemenangan demi kemenangan. Ingatlah bahwa doa orang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya (Yakobus 5:16).

RENUNGAN

Untuk mengalami kuasa yang besar, gunakanlah DOA SEBAGAI SENJATA peperangan rohani.

APLIKASI

  1. Masalah apa yang sedang Anda hadapi saat ini? Sudahkah Anda membawanya ke dalam doa?
  2. Bagaimanakah Tuhan menjawab doa Anda dan memberikan kemenangan kepada Anda atas masalah tersebut? Bagikan!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terima kasih atas KasihMU yang luar biasa dalam hidup kami. Mampukan kami, Tuhan, untuk mengalahkan kedagingan kami, dan mengarahkan hati kami hanya kepadaMU. Kami menundukkan diri kami sepenuhnya kepada kehendakMU. Dalam Nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Keluaran 36-38