Doa Yang Berani Menarik Perkenanan-Nya

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 27 Januari 2017

BACAAN HARI INI

Ibrani 4:14-16

RHEMA HARI INI

Ibrani 4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Ada banyak hal, yang membuat kita tidak mampu menaikkan doa yang berani. Mungkin kita ragu bahwa Tuhan mau menolong kita. Atau kita merasa tidak pantas untuk mengajukan permintaan kepada Tuhan. Atau barangkali kita merasa bahwa permasalahan kita terlalu besar, sedangkan kita telah terhimpit waktu. Sehingga kita pun memanjatkan doa yang biasa-biasa saja. Kita pikir, dengan begitu Tuhan dapat lebih mudah membukakan jalan.

Mari kita melihat kisah Yosua, ketika lima raja orang Amori menggempurnya saat bangsa Israel sedang berdiam di daerah Gibeon. Pasukan yang mereka hadapi saat itu sangat mengenal area pertemuran dan jumlahnya pun lebih banyak dari tentara Israel. Namun, dengan berani Yosua memimpin barisannya maju berperang. Ia percaya bahwa Tuhan menyertai mereka dan sesuai janji-Nya, Dia akan menyerahkan para musuhnya ke dalam tangannya. Tuhan pun mengirim roh kebingungan dan menurunkan hujan batu untuk meluluhlantakkan pasukan Amori. Setelah itu, Yosua bahkan meminta agar matahari dan bulan berhenti. Alkitab mencatat bahwa tidak pernah ada hari seperti itu, sebelum dan sesudahnya, di mana Tuhan mendengarkan seorang manusia dengan cara demikian.

Seperti Yosua, saat berbagai masalah menerpa dan mengepung kita, marilah dengan penuh keberanian kita menghampiri takhta kasih karunia-Nya. Terlebih lagi karena kita telah memiliki Yesus sebagai Imam Besar yang menjadi Pengantara kita dengan Allah (Ibr. 7:25). Percayalah, Tuhan sudah menentukan kita untuk menjadi pemenang atas kehidupan kita di dunia ini. Masalah yang kelihatan besar dapat dipakai oleh Tuhan untuk memperlihatkan kuasa-Nya yang jauh lebih besar. Ia pasti memberikan pertolongan untuk kita tepat pada waktunya. Carilah kehendak-Nya dan berdoalah untuk hal-hal yang besar dan ajaib, maka Anda akan melihat bagaimana Roh Allah bergerak dan melakukan hal yang mustahil untuk Anda. Nasib Anda akan berubah, dan yang terutama adalah nama Tuhan dipermuliakan.

RENUNGAN

RAHASIA MENGUBAH NASIB dan memiliki hidup yang dipenuhi favor Tuhan adalah MENAIKKAN DOA YANG BERANI, bukannya doa yang lemah.

APLIKASI

  1. Adakah situasi yang saat ini kelihatan sulit atau mustahil untuk Anda kalahkan?
  2. Sudahkan Anda meminta pertolongan Tuhan yang besar dan ajaib atas situasi Anda tersebut? Mengapa?
  3. Maukah Anda memiliki hidup yang dipenuhi favor Tuhan? Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk itu?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, Engkau adalah Allah yang ajaib dan perkasa. Tidak ada satu pun hal yang mustahil bagi-Mu. Ajari kami, Tuhan, untuk berdoa seturut kehendak-Mu. Kami rindu kuasa-Mu termanifestasikan dalam hidup kami. Semua hanya untuk kemuliaan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Tawarikh 10-12