Dukungan Ilahi Dalam Pergumulan Kita

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Raja-Raja 6-7
Lukas 20:27-47

BACAAN HARI INI

Mazmur 23:1-6

RHEMA HARI INI

Mazmur 23:4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

“Kuyakin saat Kau berfirman, kumenang saat Kau bertindak, hidupku hanya ditentukan oleh perkataan-Mu.” Ini adalah penggalan lagu yang begitu berarti bagi Yohan. Yohan, seorang pengusaha muda di bidang periklanan yang begitu idealis dalam menjalani hidupnya. Selain bekerja, ia juga melanjutkan kuliah untuk meraih gelar sarjana. Bukan itu saja, ia pun ikut mencalonkan diri menjadi calon legislatif saat ada pemilihan calon legislatif.

Akan tetapi, kenyataan tidaklah sesuai harapan. Di tengah perjuangan dan kesibukannya menjadi calon legislatif, teman-teman mulai menjauhinya, pekerjaannya juga terbengkalai, sehingga beberapa klien meninggalkannya. Kuliah yang awalnya diharapkan bisa segera selesai ikut terabaikan. Beberapa cemoohan pun pernah didapatkan Yohan dari tetangga bahkan keluarganya. Sedih, frustasi, dan kesepian dirasakan Yohan kala itu. Secara manusia, Yohan tidak kuat menghadapi kegagalan demi kegagalan dalam hidupnya. Namun, suatu kali ia mendengar lagu “Bagi Tuhan Tak Ada Yang Mustahil” dan Yohan merasa Tuhan memberikan penghiburan dan kekuatan melalui lagu tersebut. Semangatnya mulai bangkit dan ia mulai berani membangun usahanya kembali.

Bisa jadi, saat ini kita pun sedang mengalami hal terburuk dalam hidup kita. Kesepian dan kesedihan mendalam memenuhi hati kita. Kita merasa sudah berjuang untuk bertahan tetapi sepertinya tidak ada hasilnya. Namun, apakah kita menyadari bahwa jika kita masih bisa hidup dan bertahan pun merupakan kasih karunia Tuhan? Bukan hanya itu, sekarang ini adalah waktunya dukungan ilahi Tuhan semakin nyata dalam hidup kita. Saat anugerah melimpah Tuhan datang dalam hidup kita, tiba-tiba pintu yang tertutup akan terbuka dengan sendirinya dan kita keluar dari masalah. Tiba-tiba berkat Tuhan datang begitu saja. Percayalah, seberat apa pun beban masalah dan pergumulan hidup kita, dukungan ilahi akan memberikan kepada kita penghiburan, sehingga kita bisa melaluinya bersama Tuhan. (LEW)

RENUNGAN

DUKUNGAN ILAHI memberikan kita PENGHIBURAN dalam setiap PERGUMULAN kita.

APLIKASI

1. Apakah saat ini Anda sedang menghadapi pergumulan hidup? Ceritakan!
2. Bagaimana respons Anda saat menghadapi pergumulan hidup yang belum terlihat ada jawaban dari Tuhan?
3. Bagaimana perasaan Anda saat ada dukungan ilahi yang memberikan penghiburan dalam menghadapi pergumulan hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami bersyukur karena dukungan ilahi yang Engkau berikan kepada kami memberikan penghiburan dalam menghadapi pergumulan hidup. Kami percaya, anugerah-Mu yang melimpah akan Engkau berikan dan kami mampu menghadapi semua permasalahan hidup kami bersama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”