Ekspresi Kasih Tak Mungkin Kosong

BACAAN HARI INI
1 Yohanes 3:11-18

RHEMA HARI INI
1 Yohanes 3:18 Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.

Dalam suatu laga pertandingan sepakbola, para supporter akan berlomba-lomba menunjukkan dukungannya pada tim yang dijagokan. Mereka akan memakai kostum dan atribut yang unik dan menyolok. Dan yang pasti, kita tidak akan pernah menjumpai suporter fanatik kesebelasan yang sedang bermain hanya berdiam diri dan menikmati jalannya pertandingan. Mereka akan dengan sekuat tenaga berteriak, bersorak, dan menari demi mendukung tim favoritnya. Semakin radikal mereka berekspresi maka semakin besar pula semangat pemain yang didukungnya. Demikian pula saat kita menyembah dan memuji Tuhan, apabila kita mengaku mengasihi-Nya maka sudah seharusnya kita meluapkannya dengan ekspresi kasih yang radikal sampai hati Tuhan disukakan.

Banyak orang mengeluh mengapa mereka tidak pernah mengalami kasih Allah dalam hidupnya, padahal mereka mengaku mengasihi Allah. Penyebabnya bisa jadi karena ekspresi kasih mereka pada Tuhan kosong. Mereka menahan ekspresi kasihnya kepada Tuhan. Dengan bibir mereka berkata mengasihi Tuhan, tapi belum mau melayani, mengasihi Tuhan tetapi selalu datang terlambat saat ibadah. Berkata mengasihi Tuhan tapi selalu menolak untuk membuka komsel. Bagaimana mungkin orang berkata mengasihi Tuhan bila untuk bertepuk tangan saja enggan, apalagi sampai menari untuk Tuhan.

Tuhan tidak henti-hentinya menunjukkan ekspresi kasih-Nya pada Daud karena Daud juga tidak berhenti menunjukkan ekspresi kasihnya pada Tuhan. Saat tabut Allah dibawa ke pondok Daud, setiap 6 langkah Daud mempersembahkan seekor lembu dan anak lembu gemukan. Bisa dibayangkan berapa banyak korban yang Daud persembahkan bagi Tuhan, bukti bahwa Daud tidak pernah hitung-hitungan dengan Tuhan. Daud tidak malu menari-nari dan memuji Tuhan dengan sekuat tenaga di depan rakyat Israel. Semua itu adalah ekspresi cinta Daud yang begitu besar pada Tuhan. Mari kita semua belajar untuk mengekspresikan kasih kita pada Allah secara konsisten, maka kita pun akan seperi Daud, kebanjiran kasih Allah yang dimanifestasikan dalam hidup kita.

RENUNGAN
Orang yang BERKATA mengasihi Tuhan, tetapi EKSPRESI KASIHNYA KOSONG, tidak akan mengalami betapa besarnya kasih Allah.

APLIKASI
1.    Sudahkah Anda menyadari bahwa ekspresi kasih yang kita keluarkan menunjukkan seberapa percaya kita pada kasih-Nya yang ajaib?
2.    Dengan cara apa Anda menunjukkan ekspresi kasih Anda pada Tuhan?
3.    Apa komitmen Anda untuk bisa mengekspresikan kasih Anda secara konsisten?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa, urapi hati kami lebih lagi untuk kami dapat memiliki keberanian dalam mengungkapkan ekspresi kasih kami kepada-Mu sehingga kami boleh menjadi anak-anak kesukaanMu. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin