Firman Dan Roh

BACAAN HARI INI
Yohanes 1:1-18

RHEMA HARI INI
Yohanes 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Siapa tak kenal dengan Pdt. Gilbert Lumoindong? Siapa sangka dulunya ia pernah mengidap penyakit saraf otak? Sejak adanya penyakit itulah, kedua orang tua Gilbert mulai rutin mengikuti Persekutuan Doa di dekat tempat tinggal mereka. Gilbert pun tak ketinggalan menghadiri ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR). Dengan iman, di ibadah itu, Gilbert meyakini bahwa Tuhan sudah menyembuhkannya. Tanpa tedeng aling-aling, setiba di rumah ia segera membuang semua obat. Luar biasa! Gilbert tak hanya mengalami kesembuhan, kemampuan otaknya pun mengalami peningkatan hingga ia selalu mendapat predikat juara kelas bahkan lulus dari SMA dengan nilai terbaik.

“Hidupku milik Tuhan,” itulah yang ada dalam pikiran Gilbert yang baru saja menerima kesembuhan ilahi di usianya yang ke-10. “Apapun yang Tuhan mau perbuat dalam hidupku, aku bersedia.”

Tuhan memang memakai hidup Gilbert, sesuai keinginannya. Tuhan mulai meletakkan visi yang baru yaitu menjadi gembala jemaat. “Awalnya aku kira itu hanya suara hati bahkan suara iblis. Saat itu aku yakin bahwa panggilanku adalah penginjil, bukan gembala,” papar Gilbert. “Segala cara sudah kucoba untuk mengenyahkan pikiran itu. Bukannya hilang, suara itu malahan makin kuat.”

Gilbert Lumoindong akhirnya menyerah pada keputusan Tuhan dan mulai melangkah dengan iman. Tahun 2007, ia memulai pelayanannya sebagai gembala jemaat. Sampai saat ini, terbukti bahwa hal itu benar-benar suara Tuhan dan kita semua dapat merasakan dampak dari pelayanan seorang Gilbert Lumoindong.

Seperti Gilbert Lumoindong yang mendapat Firman Tuhan untuk menjadi seorang gembala jemaat. Ia tidak akan dapat memahami hal itu jika Roh Allah tidak menguasai hatinya. Tanpa pertolongan Roh Allah, kita tidak mungkin bisa memahami Firman Allah dan rencana-rencana-Nya. Sebaliknya, tanpa Firman, kita tidak mungkin dapat masuk lebih dalam mengalami kepenuhan Roh Allah. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
FIRMAN dan ROH adalah satu KESATUAN yang tidak boleh terpisahkan untuk menghasilkan sebuah kehidupan yang penuh kemuliaan Tuhan.

APLIKASI
Jelaskan pengertian yang Anda miliki tentang Firman Tuhan dan Roh Allah.

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terima kasih untuk pemahaman baru yang kami dapatkan hari ini. Kami percaya akan Firman-Mu dan akan Roh-Mu yang kudus, Tuhan. Ajakarkan kami untuk dapat melihat hal tersebut sebagai sebuah kesatuan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yesaya 28-29
Ibrani 9