Firman Itu Menghidupkanku

Renungan Keluarga Allah
Selasa, 17 Mei 2016

BACAAN HARI INI

Matius 4:1-11

RHEMA HARI INI

Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

Ruth divonis menderita kanker serviks stadium 3B dan sisa hidupnya tinggal 6 bulan saja. Ruth tidak menyerah begitu saja dan terus mencari cara untuk sembuh. Pengobatan, terapi bahkan operasi sudah dilakukan. Makanan sehat juga dimakannya. Sampai akhirnya Ruth datang ke sebuah Kebaktian Kebangunan Rohani dan dia dilayani oleh seorang konselor. Awalnya Ruth dibimbing untuk menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat secara pribadi dan diajar tentang pengampunan serta luka batin. Ruth menyimpan banyak kenangan pahit semasa hidupnya dan perlahan hatinya dipulihkan. Ruth mulai mengenal kasih Bapa dan meminta rhema dari Tuhan atas sakit yang dideritanya.

Ruth mendapatkan satu firman rhema yaitu: ‘Aku tidak akan mati, tetapi hidup, dan aku akan menceritakan perbuatan-perbuatan Tuhan.’ Setiap pagi ketika bangun, atau saat melewati terapi-terapi, dia selalu memperkatakan firman itu. Tanpa disadari firman itu terus memberikan kekuatan dan rohnya terus dibangun. Semangatnya terus bangkit dan dalam kondisi yang terparah Ruth tetap memperkatakan firman itu. Rambut yang mulai rontok, diagnosa dokter yang mengatakan kankernya mulai menjalar ke pencernaan cukup membuat gentar, bahkan vonis terakhir mengatakan bahwa kanker sudah menjalar ke sel darah merah. Dengan didampingi oleh konselornya, Ruth terus memperkatakan firman rhema yang didapatnya. Semangat hidupnya terus ada. Disamping melakukan pengobatan dan menjaga pola makannya, perkataan firman itulah yang membuat imannya makin bertumbuh. Singkat cerita, Ruth mulai mengalami kemajuan. 6 bulan berlalu, bukan kematian yang datang malah Ruth semakin sehat. Sampai akhirnya Ruth disembuhkan! Mujizat benar-benar terjadi dan apa yang diimani Ruth melalui firman Tuhan bahwa dia akan hidup dan tidak mati itu SUNGGUH-SUNGGUH TERJADI. Iman timbul dari pendengaran akan firman Kristus. Iman Ruth tumbuh dan berhasil menyatakan kemanangan dalam hidupnya.

Kisah Ruth mengingatkan kita bahwa kehidupan kita tidak serta-merta ditentukan dari apa yang kita makan secara jasmani. Kekuatan saat kita menghadapi tantangan bukan hanya berasal dari kepandaian, pengalaman, skill bakan fasilitas yang kita miliki. Ingatlah bahwa kita sudah diberi satu senjata yang penuh dengan kuasa yaitu FIRMAN TUHAN. Itu adalah perkataan dari Tuhan sendiri. Dan janjiNya adalah setiap firman yang keluar dari mulut Allah tidak akan pernah kembali dengan sia-sia. Itu yang pasti akan terjadi dalam hidup kita. Mulailah mencari dan meminta firman rhema sebagai senjata yang bisa Anda gunakan untuk melawan segala tantangan dan persoalan. Anda hanya perlu konsisten dan mempercayainya. Ketika iman Anda semakin ditumbuhkan KEMENANGAN PASTI AKAN SEGERA MENJADI MILIK ANDA!

RENUNGAN

Firman Tuhan adalah MAKANAN bagi manusia roh kita.

APLIKASI

  1. Seberapa banyakkah firman rhema yang Anda miliki saat ini yang bisa Anda pakai menjadi senjata untuk menyatakan janji Tuhan dan kemenangan dalam hidup Anda? Tulis ulang dan mulailah memperkatakannya secara konsisten!
  2. Komitmen apakah yang akan Anda lakukan untuk memberi makanan bagi roh Anda melalui firmanNya?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, terimakasih untuk setiap janji melalui firman yang telah Engkau berikan bagiku. Ingatkan aku untuk terus menghidupi firmanMu dan menyatakannya jadi dalam hidupku, supaya namaMu semakin dipermuliakan. Didalam nama Tuhan Yesus, Amin!

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yohanes 5