Firman Mendatangkan Hikmat

RHEMA HARI INI
Amsal 2:1-6 “1. Hai anakku, jikalau engkau menerima perkataanku dan menyimpan perintahku di dalam hatimu, 2. sehingga telingamu memperhatikan hikmat, dan engkau mencenderungkan hatimu kepada kepandaian, 3. ya, jikalau engkau berseru kepada pengertian, dan menujukan suaramu kepada kepandaian, 4. jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam, 5. maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah. 6. Karena TUHANlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.”

Raina seorang gadis yang sejak kecil hidup bersama kakek dan neneknya. Raina dikenal gadis yang periang dan mudah bergaul. Setiap hari ia selalu membantu kakek dan neneknya berjualan makanan. Hal itu ia lakukan sepulang dari sekolah. Namun kesedihan mulai ada setiap kali Raina merayakan ulang tahun. Ia selalu teringat dimana ayah dan ibunya sekarang. Ia mulai mencari informasi kemana pun, namun tidak ada hasilnya. Setiap kali Raina bertanya kepada kakek dan neneknya mengenai keberadaan ayah dan ibunya pasti mereka terdiam dan pergi meninggalkan Raina. Rasa penasaran dan keingintahuan yang kuat ada dalam diri Raina. Ia terus mencari dan mencari. Setiap malam ia selalu berdoa, “Tuhan berikan aku petunjuk dimana informasi yang bisa aku cari agar aku bisa menemukan orangtuaku.” Banyak hal dilakukan Raina untuk berusaha mencari tahu keberadaan orang tuanya. Kesana-kemari ia terus bertanya-tanya dimana orangtuaku. Ia menyuarakan apa yang menjadi isi hatinya. Sampai suatu ketika usahanya membuahkan hasil. Di laci paling bawah didekat kamarnya terdapat sebuah buku yang terlihat sudah lama. Raina membawanya ke kamar dan secara cermat, teliti ia membaca buku itu dan merenungkannya. Buku itu lumayan tebal, setiap hari dengan setia ia membaca dan merenungkan buku itu. Sampai pada akhirnya Raina mendapatkan hal yang luarbiasa. Ternyata Ibu Raina meninggal saat melahirkan Raina dan Ayahnya meninggal tertabrak motor saat menyelamatkan Raina. Sontak ia menangis, ia bersyukur memiliki orangtua yang luarbiasa, yang sangat menyayanginya sampai mengorbankan nyawa mereka. Raina juga bersyukur perjuangannya selama ini mendapatkan hasi, ia mengetahui dan menerima hal baru yang luarbiasa.

Hikmat akan kita dapatkan jika dengan setia kita mencari, menerima, memperhatikan dan merenungkan Firman Tuhan. Sama seperti Raina yang terus mencari dan mencari akhirnya dia mendapat. Kita sangat butuh hikmat karena dengan hikmat banyak hal yang luarbiasa akan kita alami bersama Tuhan. Tuhan sudah mengajarkan, renungkan Firman, cari Firman, perhatikan Firman, suarakan Firman agar kita senantiasa mendapat hikmat dari Allah. Mulai saat ini uji pribadi lepas pribadi, apakah kita sudah berjuang untuk mendapatkan HIKMAT? Jika belum, ambil komitmen untuk terus mengejar Firman karena Firman itulah yang akan mendatangkan hikmat bagi setiap kita. Amin.

RENUNGAN
Inilah RAHASIA memperoleh HIKMAT: menerima, menyimpan, memperhatikan, mencenderungkan hati, berseru, menujukan suara, mencari seperti perak, mengejar FIRMAN TUHAN seperti harta terpendam.

APLIKASI
1. Mari uji, apakah kita sudah berjuanag menerima, menyimpan, memperhatikan, mencenderungkan hati, berseru, menujukan suara, mencari seperti perak, mengejar FIRMAN TUHAN seperti harta terpendam ?
2. Hal-hal apa saja yang kita dapati dari Firman itu ?

DOA UNTUK HARI INI
FirmanMu sungguh pelita dan penuntun jalan untuk hidup kami ya Bapa, ajarkan kami senantiasa taat merenungkan FirmanMu agar kami juga senantiasa memperoleh HIKMATMU.Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN :
Kejadian Pasal 49-50
Matius Pasal 13 ayat 31-58