Firman-Nya Tinggal Didalam Kita

RHEMA HARI INI
Yohanes 15:7 “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.”

Diary adalah saksi bisu yang menemani Viska menghadapi hari-harinya bersama ayah tirinya yang kejam. Ayahnya selalu memperlakukan Viska seperti lawan tandingnya. Viska merasa sangat kecewa dengan perlakuan ayah tirinya. Viska sedih dan menangis. Tetapi di depan ibunya Viska tidak ingin terlihat sedang bersedih. Pada saat itu juga ibu Viska mengucapkan kalimat terakhir kepada Viska dan ayahnya. Ibunya berkata bahwa ayahnya jangan lagi memukul Viska. Dan ayahnya menyetujuinya. Setelah kematian ibunya, Viska beranggapan bahwa ayahnya akan sadar dan tidak lagi berlaku kasar kepadanya. Ternyata anggapan Viska salah, perubahan tidak terjadi pada diri ayah tirinya. Pada saat Viska mengalami kesedihan, Viska selalu membaca Alkitab. Viska merasa hanya dengan Firman Tuhan ia mendapat kekuatan. Ayat favoritnya terdapat dalam Mazmur 37:5 “Serahkanlah hidupmu kepada Tuhan dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak.” Dengan ayat itu ia menyerahkan segalanya kepada Tuhan. Akhirnya pada suatu hari ayahnya menyadari bahwa ia selalu mengecewakan Viska dan ayahnya meminta maaf pada Viska. Disaat itulah Viska tersentuh dan benar-benar mengampuni dan mengasihi ayahnya. Diary adalah sahabat Viska, tetapi Viska akhirnya sadar bahwa sahabat dan penghiburnya satu-satunya adalah Tuhan Yesus. Saat ini hubungan Viska dan ayahnya menjadi penuh dengan cinta karena Tuhan Yesus yang memberikan kasih itu kepada Viska dan ayah tirinya.

Manusia terdiri dari 3 bagian: roh, jiwa, dan tubuh. Kita jangan hanya mengaktifkan manusia tubuh, jangan hanya mengaktifkan manusia jiwa, tapi juga harus mengaktifkan manusia roh sehingga kita akan melihat kuasa kemuliaan Allah. Kita adalah manusia rohani, karena hakekat kita yang sebenarnya adalah roh kita. Ketika kita mati, tubuh kita akan menjadi debu tanah dan yang kekal adalah roh kita. Sebagai manusia rohani yang harus kita perhatikan seharusnya adalah manusia roh kita.Dalam kisah di atas Viska mengalami pemulihan keluarga dan doanya dijawab ketika dia tinggal dalam Firman Tuhan. Apabila FirmanNya tinggal di dalam kita hal Ini akan membuat kita tidak lagi menjadi ranting yang kering – (kering mujizat, kering kuasa Allah, kering penggenapan Firman Tuhan) namun manusia roh kita bisa berbuah banyak – (banyak mujizat, banyak kesaksian, banyak jawaban doa, banyak perkara-perkara dahsyat yang terjadi). Marilah kita berusaha agar ‘Firman-NYA tinggal di dalam kita’ sehingga akan membuat kita bisa mengalami ‘mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya’. (ABU)

RENUNGAN
‘FIRMAN-NYA tinggal di dalam kitalah’ yang akan membuat kita bisa mengalami ‘MINTALAH apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan MENERIMANYA’

APLIKASI
1. Apakah anda sudah merasa benar-benar tinggal dalam FirmanNya ?
2. Apa saja yang anda alami ketika anda berada dalam FirmanNya ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa segala puji syukur hanya bagi Engkau, kami sadar dan kami bersyukur karena kami hidup dalam FirmanMu. Kami yakin dan percaya bahwa hidup kami senantiasa berkelimpahan didalam Engkau. Amin.