Firman Yang Hidup

ReMAKA: Renungan Malam Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Mazmur 1:1-6

RHEMA HARI INI
Mazmur 1:2-3 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Dalam dunia industri dan organisasi, para eksekutif perusahaan mengambil keputusan yang berpengaruh bagi hidup mati perusahaan berdasarkan informasi yang mereka terima dari jajaran pekerja dan manajer. Dalam dunia olahraga, para pelatih mengandalkan asisten pelatih untuk memantau pemain mereka maupun pemain lawan. Asisten pelatih ini juga memberikan data akurat sehingga sebuah tim dapat mempersiapkan strategi yang tepat sebelum menghadapi pertandingan. Dalam dunia perkuliahan, seorang mahasiswa selalu mencari dosen yang terbaik untuk mengajar mereka sehingga mereka dapat menentukan rencana masa depan dengan mantap.

Sadar atau tidak sadar, Anda dan saya sering mengandalkan orang lain dalam membuat keputusan. Sungguh amat baik jika hidup Anda dikelilingi oleh orang-orang yang siap memberikan wawasan dan sarannya. Dengan banyak nasihat dan saran yang baik, Anda dapat membuat keputusan yang tepat. Namun demikian, di sisi lain, terkadang hal tersebut sering membuat Anda dan saya lalai mendengarkan apa yang Tuhan mau.

Bagaimana dengan Anda? Apakah saat ini Anda membutuhkan nasihat dan petunjuk untuk masalah yang Anda hadapi? Siapa yang Anda cari pertama kali? Carilah Tuhan dan firman-Nya terlebih dulu. Ia mengetahui segala sesuatu jauh melampaui semua manusia yang ada. Manusia diciptakan segambar dan serupa dengan Allah sebagai penciptanya. Itu sebabnya manusiapun memiliki kehendak bebas untuk menentukan masa depannya. Namun demikian, Tuhan tetap memberikan sebuah manual book supaya manusia bisa mencapai rencana Tuhan yang sepenuhnya dalam hidupnya. Manual book itu adalah Alkitab atau firman Tuhan. Ketika kita mentaati setiap firman yang tertulis di dalam manual book dari Tuhan, maka Tuhan akan mengurapi firman tersebut sehingga menjadi rhema yang akan menghasilkan mujizat dalam hidup kita jika kita mentaatinya.

RENUNGAN
Kalau kita setia MENTAATI FIRMAN YANG TERTULIS, Tuhan akan mengurapi firman tersebut sehingga menjadi RHEMA—FIRMAN YANG HIDUP.

APLIKASI
1. Seberapa banyak Anda membaca manual book (Alkitab) Anda setiap hari?
2. Seberapa banyak firman Tuhan yang sudah berhasil Anda taati oleh pertolongan Roh Kudus?
3. Komitmen apa yang akan Anda buat supaya Anda bisa semakin taat kepada firman Tuhan?

DOA HARI INI
“Tuhan, ajar kami untuk mencintai firman-MU lebih dalam lagi. Biarlah di dalam setiap situasi dalam hidup kami, kami senantiasa mencari petunjuk dari kebenaran firman-MU. Kami percaya firman-MU akan membawa kami masuk dalam kemuliaan dan mujizat besar pasti terjadi dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.