Gunakan Hak Pilih

RHEMA HARI INI
Roma 13:1 Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.

Kita, bangsa Indonesia pada tahun 2014 ini, akan menghadapi Pesta Demokrasi 5 tahunan PEMILU pemilihan Umum. Diawali dengan Pemilihan anggota dewan legislatif, baik wakil rakyat di tingkat daerah sampai di tingkat pusat, DPRD dan DPR Pusat, baru setelah itu tak lama sesudahnya Pemilihan Langsung oleh Rakyat untuk Presiden dan wakil Presiden. Sebagai anak-anak Tuhan yang harus bangkit menjadi terang, hendaklah kita menjadi warga Negara yang baik dengan menggunakan hak pilih kita dalam PEMILU ini. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyerukan kepada umat Kristiani agar menggunakan hak pilih pada Pemilu 2014. Menurut PGI, memilih merupakan pertanggungjawaban umat Kristen dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam pesan pastoral yang disampaikan oleh ketua PGI, setidaknya ada empat pertimbangan mengapa orang sebaiknya menggunakan hak pilih mereka, dan bukan “golput”. Pertama, terutama bagi orang Kristen, memilih saat Pemilu bukan sekadar tanggungjawab politik sebagai warga negara, tetapi juga tanggungjawab iman. Kedua, Pemilu merupakan alat kritik dan kontrol, sehingga mekanisme reward and punishment dapat berjalan. Ketiga, partisipasi masyarakat untuk memilih atau tidak memilih akan menentukan legitimasi moral suatu pemerintahan. Dan, akhirnya, partisipasi masyarakat untuk memilih paling tidak akan mengurangi praktik-praktik curang yang sering terjadi. Berdasarkan empat pertimbangan itu, MPH-PGI menyerukan agar umat Kristen khususnya, dan masyarakat pada umumnya, menggunakan hak pilihnya.
Saudaraku, Firman Tuhan memerintahkan kita bukan hanya untuk berdoa, tapi juga usahakan bagi kesejahteraan kota dan negaramu!!! Jadi doa dan usaha harus berjalan bersama-sama. INDONESIA BERDOA DAN INDONESIA BERUSAHA – INDONESIA MEMILIH!!! Itu sebabnya sebagai anak Tuhan, kita perlu menggunakan hak pilih kita untuk mengusahakan kesejahteraan negara kita tercinta, Indonesia.

RENUNGAN
Jadilah warga negara yang baik, GUNAKAN HAK PILIH saudara dalam PEMILU 2014!

APLIKASI
1. Menurut saudara, mengapa kita sebagai anak Tuhan harus menggunakan hak pilih kita ?
2. Komitmen apa yang akan saudara buat untuk menjadi warga Negara yang baik sesuai dengan petunjuk Firman Tuhan ?

DOA UNTUK HARI INI
Kami bersyukur Tuhan, Engkau mengijinkan kami untuk hidup di bumi tercinta Indonesia. Kami tahu ada tugas dan tanggung jawab kami sebagai warga Negara yang baik supaya kami bisa memberikan kontribusi positif bagi bangsa kami. Mampukan kami ya Tuhan untuk melakukan sesuai dengan kehendak-MU. Amin.