Gunakan Uang Sesuai Tujuan Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 08 Februari 2017

BACAAN HARI INI

1 Timotius 6:2-10

RHEMA HARI INI

1 Timotius 6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.

Terlahir dengan nama Warren Edward Buffett di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, 30 Agustus 1930, ia adalah seorang investor dan pengusaha ternama di sana. Warren sangat terkenal di dunia pasar modal, khususnya dalam dunia saham. Apa saja yang dikatakannya tentang saham, akan selalu diikuti oleh banyak orang. Pada tahun 2008, ia pernah menggantikan posisi Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes. Kekayaannya sekarang bernilai US$71,6 Miliar dan ia menduduki urutan kedua sebagai orang terkaya dunia setelah Bill Gates. Selain sebagai investor dan pebisnis yang berhasil, ia juga dikenal sebagai dermawan. Ia memberikan sebagian penghasilannya untuk kepentingan sosial. Ia menyumbangkan uang yang tercatat sebagai sumbangan terbesar dalam sejarah, yakni sekitar US$30 Miliar, kepada Yayasan Bill and Melinda Gates. Enam tahun yang lalu, bersama dengan Bill Gates dan Mark Zuckerberg, mereka menandatangani perjanjian “Gates-Buffet Giving Pledge.” Di mana mereka berkomitmen untuk mendonasikan setidaknya setengah dari kekayaan mereka.

Uang adalah salah satu bentuk berkat yang Tuhan berikan kepada kita. Dengan uang, kita bisa membeli apa pun yang kita inginkan di dunia ini. Namun, apakah itu sesuai dengan tujuan Tuhan saat memberkati kita? Ketika Tuhan memberikan berkat keuangan dalam hidup kita, Dia menginginkan berkat itu pun dapat kita pergunakan untuk memperdalam hubungan pribadi kita dengan-Nya, supaya kita bisa menjadi saluran berkat bagi saudara seiman, untuk kita bertumbuh secara rohani, untuk bersaksi memberitakan Injil dan melayani demi memperluas Kerajaan Allah. Uang hanyalah sarana yang sifatnya adalah netral, tapi cara kita menggunakan keuangan itu yang akan menentukan perkenanan Tuhan.

Rencanakan keuangan kita dengan baik, jangan sampai kita terlena dengan uang yang kita miliki saat ini, jangan mempergunakannya untuk memuaskan keinginan daging kita saja. Tuhan menginginkan kita bijaksana dalam pengelolaan keuangan kita. Janganlah kita menjadikan uang sebagai tuan kita, tetapi bekerjalah untuk Tuhan, maka uang akan menjadi hamba untuk memenuhi tujuan Tuhan dalam hidup kita. (LEW)

RENUNGAN

Gunakanlah uang kita SESUAI DENGAN TUJUAN TUHAN, bukan untuk MEMUASKAN HAWA NAFSU kita sendiri

APLIKASI

  1. Apakah uang yang Anda miliki saat ini Anda gunakan untuk kepuasan sendiri atau untuk Tuhan?
  2. Komitmen apa yang Anda ambil tentang penggunaan uang dalam kehidupan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih untuk setiap berkat yang Engkau berikan. Kiranya kami bisa mempergunakannya sesuai keinginan-Mu, bukan untuk memuaskan diri kami sendiri. Kami rindu menjadi berkat bagi orang lain. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Raja-raja 14
2 Tawarikh 25