Hadirat Tuhan Adalah Air Rohani Yang Melembutkan Hati

BACAAN HARI INI
Mazmur 23:1-6

RHEMA HARI INI
Mazmur 23:3 Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.

Di Indonesia kita mengalami 2 musim, musim panas dan musim penghujan. Sekarang ini kita sedang mengalami musim panas. Namun musim panas yang terjadi sekarang tidak seperti biasanya. Musim panas masih terus terjadi dan membuat daerah-daerah mengalami kekeringan. Tidak luput juga daerah pedesaan yang biasanya subur juga mengalami kekeringan. Tentunya hal yang sangat dinantikan adalah datangnya limpahan air hujan, tapi tanda-tanda turun hujan tak kunjung nampak. Kekeringan dimana-mana, krisis air, cuaca panas adalah akibat musim panas yang berkepanjangan itu. Tanah-tanah yang tadinya subur menjadi tandus dan tidak bisa ditanami.

Setelah berbulan-bulan menanti, hari itu awan mendung tampak bergelayut yang menandakan akan turunnya hujan. Dan benar saja, tiba-tiba air mulai menetes membasahi tanah yang tadinya tandus. Air mulai meresap masuk ke tanah-tanah yang sudah mengering. Petanipun bersorak kegirangan karena turunnya air hujan. Air yang terus-menerus membasahi tanah yang sudah mulai mengeras itu lama-kelamaan mulai membuat tanah menjadi subur kembali. Tanaman pun bisa ditanam kembali.

Seperti tanah yang perlu disiram dan diairi agar mudah untuk dibajak, demikian pula dengan hati kita. Kita perlu air rohani yang bisa membantu melembutkan hati kita. Air rohani kita adalah hadirat Tuhan. Di dalam hadirat Tuhan, kita akan merasakan jamahan Tuhan. Hati kita perlu diguyur dan disiram dengan aliran hadirat Tuhan. Ijinkan kasihNya memenuhi sampai ke dalam hati kita. Itu sebabnya, janganlah kita menyia-nyiakan momen penyembahan. Biasakan menyembah Tuhan, agar hadirat Tuhan membanjiri hati kita dan hati kita yang keras dilembutkan. Ketika hati kita lembut, benih firman itu akan tertanam dengan baik dan akhirnya bertumbuh bahkan berbuah. Oleh karena itu, buka hati dalam hadirat Tuhan dan minta Roh Kudus terus bekerja menjamah hati kita. Sebab, Tuhan akan menyegarkan jiwa kita dan menuntun kita ke jalan yang benar saat kita tinggal di dalam hadirat-Nya (LEW)

RENUNGAN
HADIRAT TUHAN adalah air rohani yang bisa membantu MELEMBUTKAN HATI yang keras.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah merasakan hadirat Tuhan melembutkan hati Anda yang keras? Bagaimanakah kejadiannya?
2. Apa cara Anda agar bisa masuk dalam hadirat Tuhan?
3. Bagaimana Anda tahu bahwa hadirat Tuhan sudah melembutkan hati Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami mau selalu tinggal di dalam hadirat-Mu. Engkaulah air rohani yang mampu melembutkan hati kami yang keras. Kami mau menyerahkan diri dan masuk ke dalam indahnya hadirat-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.