Hadirat yang Mendatangkan Berkat

Renungan Keluarga Alah
Selasa, 2 Agustus 2016

BACAAN HARI INI

1 Tawarikh 13:1-14

RHEMA HARI INI

1 Tawarikh 13:14 Tiga bulan lamanya tabut Allah itu tinggal pada keluarga Obed-Edom di rumahnya dan TUHAN memberkati keluarga Obed-Edom dan segala yang dipunyainya.

Ada seorang pria baik yang tinggal bersama keluarganya. Tidak ada cerita istimewa tentang dia. Sampai suatu ketika Raja Israel hendak memindahkan Tabut Perjanjian Allah yang sudah sekian lama tidak ada yang memperhatikan, untuk dibawa kembali ke Yerusalem. Raja Israel itu, Raja Daud, kemudian menyuruh imam-imamnya. Niat Daud baik, tetapi di tengah jalan, ada suatu insiden yang menakutkan yaitu kematian salah satu imam yang bernama Uza karena kecerobohannya menyentuh Tabut itu. Peristiwa ini membuat keinginan Daud terhenti dan menitipkan Tabut Allah ke rumah pria baik hati itu. Pria itu memutuskan menerima Tabut Allah yang selama ini didengarnya sangat menakutkan. Bagaimana kota Asdod ditekan oleh Allah ketika Tabut itu ada di sana, bagaimana ‘merepotkannya’ mengurus Tabut itu dan kejadian terakhir adalah cerita tentang kematian Uza. Walau begitu, dia tetap menerima Tabut Allah itu masuk ke dalam rumahnya. Dia pelajari sungguh-sungguh bagaimana cara menghormati Allah yang dilambangkan dengan Tabut itu. Dia teringat banyak kisah juga tentang bagaimana Tuhan melakukan banyak mujizat, bagaimana Tuhan memulihkan, bagaimana Tuhan memberkati. Ada satu pengharapan bahwa kehadiran Tuhan yang dilambangkan dengan Tabut itu akan mengubah, mengangkat, memulihkan dan memberkati dia dan seisi rumahnya. Pria ini tidak takut untuk totalitas menghadirkan Tuhan. Dia belajar dari kesalahan Uza yang sembrono ketika ada di dekat Tuhan. Dia belajar bagaimana kemenangan selalu hadir saat bangsa Israel membawa tabut itu dalam peperangan. Dan Alkitab mencatat, hanya dalam waktu 3 bulan, dia dan seisi rumahnya diberkati Tuhan. Keluarganya menjadi buah bibir banyak orang hingga kabar itu sampai ke telinga Daud. Anak-anak dari pria itu pun sangat diberkati dan menjadi orang penting. Kedudukannya sendiri juga diangkat. Hidupnya diubah total karena dia berhasil menghadirkan Tuhan untuk dirinya dan seisi rumahnya. Siapakah pria itu? Dialah Obed-Edom. Pria yang tidak terkenal, namun hidupnya menjadi sejarah karena dia berhasil menerima kehadiran Tuhan dalam rumahnya, menghormati, meninggikan Tuhan dengan sepenuh hati. Obed yang artinya adalah hamba benar-benar memiliki hati seperti hamba yang mengajak seluruh keluarganya untuk menghormati Tuhan.

Sungguhlah nyata nats ini: Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan Tuhan, yang sangat suka kepada segala perintahNya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati. Karena itu, janganlah ragu dan takut untuk radikal menghadirkan Tuhan dalam hidup Anda. Lakukanlah dengan penuh iman dan keprcayaan, maka Anda dan seisi rumah Anda akan menjadi tanda ajaib bagi banyak orang! Puji nama Tuhan!

RENUNGAN

Ketika hadirat Tuhan ada dalam keluarga kita, maka HADIRAT TUHAN ITU AKAN MENDATANGKAN BERKAT-BERKAT yang luarbiasa bagi kita!

APLIKASI

  1. Komitmen apakah yang Anda lakukan untuk selalu menghadirkan Tuhan dalam hidup Anda dan keluarga Anda?
  2. Bagikanlah kebenaran cerita tentang Obed-Edom ini kepada keluarga Anda dan mulailah ajak keluarga Anda untuk menyembah Tuhan dengan membangun mezbah keluarga!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, hadirlah dalam rumah dan keluargaku mulai saat ini. Ajar kami untuk menghormati Engkau dan meninggikan Engkau dalam segala yang kami lakukan. Keluarga dan rumah ini milikMu, biarlah Engkau yang berdaulat dan menjadi Raja atas kami semua. Dalam nama Tuhan Yesus, Amin!

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Wahyu 1-5