HAL-HAL YANG MENDUKAKAN ROH KUDUS

RHEMA HARI INI

1 Korintus 6:18-19 Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri. Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, —dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Sekarang ini kita hidup di jaman tehnologi berkembang pesat, segalanya jadi begitu mudah untuk kita dapatkan. Dahulu jika kita ingin tahu tentang sesuatu hal, kita bingung dimana bisa mendapatkan informasi yang lengkap. Kita mungkin harus pergi ke perpustakaan, membuka ensiklopedia, atau membongkar tumpukan koran dan majalah. Sekarang kita hanya tinggal membuka handphone ataupun laptop dan dalam sekejab, apa yang ingin kita ketahui bisa kita dapatkan secara lengkap. Inilah yang disebut dengan beauty of technology.
Tetapi selain manfaat posistif, ada banyak pula hal negatif dari kemajuan tehnologi jika kita mempunyai niat yang tidak baik. Situs-situs pornografi bisa dengan sangat mudah di akses oleh siapa saja, bahkan anak dibawah umur. Dosa yang paling dominan di akhir jaman ini adalah dosa percabulan dan kenajisan, dimana banyak orang sudah tidak lagi memperdulikan masalah moral dan kekudusan. Hal-hal yang dulunya tabu, kini dianggap wajar bahkan menjadi gaya hidup masyarakat modern. Begitu pula dengan kehadiran media sosial yang memungkinkan kita untuk membagikan momen-momen pribadi, cerita, caption ataupun komentar-komentar bagi teman-teman kita. Alangkah baiknya jika kita memanfaatkan media untuk menebar kasih dan memuliakan Tuhan.
Terlebih di tahun Roh Kudus ini, tahun dimana Roh Kudus menyatakan hadirat dan kuasa-Nya secara luar biasa. Kita harus senantiasa ingat bahwa semua yang tidak kudus dan negatif adalah hal-hal yang bisa mendukakan hati Roh Kudus. Selain perkataan yang keluar dari mulut dan jari jemari kita, apa yang ada di dalam hati kita pun bisa mendukakan hati Roh Kudus. Perasaan kecewa, amarah, kepahitan, pertengkaran, dan pikiran yang jahat akan membuat Roh Kudus sangat berduka. Oleh karena itu mari kita kurangi, bahkan hindari, apa yang bisa mendukakan Roh Kudus. Lakukan dan tambahkan sesuatu yang bisa menyenangkan hati-Nya, sehingga kita akan menerima perkenanan Roh Kudus dan tahun ini akan menjadi tahun Roh Kudus yang sangat spesial dalam hidup kita. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN

Semua yang TIDAK KUDUS dan NEGATIF adalah hal-hal yang bisa MENDUKAKAN hati Roh Kudus.

APLIKASI

1. Menurut Anda, apa saja yang termasuk hal-hal yang tidak kudus dan negatif?
2. Masihkah ada diantaranya yang Anda lakukan saat ini? Apa sajakah itu?
3. Bagaimana Anda akan menyenangkan hati Roh Kudus dan mulai menguduskan hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terimakasih Engkau telah menunjukkan kepada kami hal-hal yang mendukakan hati Roh Kudus-Mu. Tolong kami Tuhan, untuk membuang semua yang negatif dan tidak kudus dalam hidup kami, agar kami beroleh perkenanan Roh Kudus. Kami mau hidup kami ini menyenangkan-Mu, baik dalam perbuatan maupun perkataan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!