HAL YANG MENGIKIS RASA MEMILIKI DALAM KELUARGA

RHEMA HARI INI

Yakobus 3:16 Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.

Di usianya yang mencapai kepala tiga, hidup Adinda terbilang sukses. Ia memiliki beberapa jenis usaha. Di antaranya bergerak di bidang makanan, franchise minuman, kecantikan, literasi dan yang terakhir bisnis kesehatan seperti alat olahraga serta suplemen makanan kesehatan. Ia pun merasa cukup puas dengan semuanya itu. Sampai suatu ketika, orangtua Adinda memodali adiknya yang sudah lama menganggur untuk membuka tempat makan kecil di pinggir jalan. Tak disangka, tempat makan itu ramai pengunjung dan dalam waktu singkat membuahkan beberapa cabang di berbagai tempat.

Melihat kesuksesan adiknya, Adinda mulai merasa tidak suka. Ia juga ingin bisnisnya bisa selalu laris manis tanpa mengenal kata sepi. Adinda mulai mengomel dan tidak lagi bersyukur dengan apa yang dimilikinya. Hatinya menjadi pahit dan terasa panas bila adiknya menceritakan kesuksesannya. Bukan hanya itu saja, entah mengapa kini Adinda mulai merasa orangtuanya lebih menyayangi adiknya dan memenuhi apa pun keinginan adiknya. Sedangkan ia selalu harus berjuang sendirian. Akibatnya, Adinda mulai merasa tidak betah berkumpul dengan keluarganya.

Ya, bukan hanya kepada orang lain, terkadang kita juga bisa merasa iri hati terhadap anggota keluarga kita sendiri. Kalau tidak hati-hati, rasa iri tersebut akan mengikis rasa memiliki dalam keluarga. Persatuan keluarga terancam rusak dan menimbulkan perpecahan. Maka dari itu kita perlu semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, agar bisa lebih waspada dan berjaga-jaga atas hati kita. Kita juga perlu belajar untuk lebih sering mengucap syukur dan memenuhi pikiran dengan hal-hal yang positif. Dengan cara tersebut kita bisa menghindarkan diri dari rasa iri hati. Secara manusia kita mungkin tidak mampu. Tetapi dengan pertolongan Tuhan dan juga bimbingan Roh Kudus, kita akan bisa menumbuhkan rasa saling memiliki dalam keluarga di hati kita, sehingga berkat kerukunan Tuhan hadirkan di tengah-tengah kita.

RENUNGAN

IRI HATI membuat rasa memiliki dalam keluarga TERKIKIS.

APLIKASI

1. Apakah Anda pernah merasa iri hati terhadap anggota keluarga Anda sendiri? Oleh sebab apakah itu?
2. Apa akibat yang di timbulkan dari rasa iri hati tersebut?
3. Bagaimana cara Anda menjaga hati Anda dari rasa iri dan tindakan apa yang Anda ambil jika rasa iri itu mulai timbul?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, ampunilah kami bila terdapat rasa iri dalam hati kami. Baik terhadap anggota keluarga kami sendiri maupun orang di sekitar kami. Berikan kami hati yang bersih dan murni seperti hati-Mu. Sehingga kami bisa bermurah hati dan tetap menabur kebaikan. Kami percaya ketika Engkau hadir di tengah keluarga kami, maka Engkau akan menghadirkan sorga atas hidup keluarga kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!