Harta Terpendam

RHEMA HARI INI
Matius 13: 44-46 (44)   “Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu. (45) Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. (46) Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.”

Sebuah organisasi yang selalu mengapresiasikan pernikahan di seluruh dunia yaitu Worldwide Marriage Encounter memberikan sebuah kado spesial Valentine bagi sepasang suami istri di Amerika Serikat (AS) bernama John dan Ann Betar, melalui sebuah penghargaan yaitu pasangan yang menikah paling lama di AS. John dan Ann Betar yang menikah sejak 25 November 1932 silam, tahun ini akan merayakan usia pernikahan mereka yang ke-81 tahun. Mereka dinyatakan sebagai pemenang setelah bersaing dengan 297 pasangan dari seluruh dunia yang dikumpulkan sejak Oktober 2012 sampai Januari 2013. “John dan Ann memiliki komitmen yang kuat dalam pernikahan. Mereka tidak mengedepankan kekurangan masing-masing, tetapi melihat kelebihan pasangan sebagai sesuatu yang harus dihargai,” ujar juru bicara Worldwide Marriage Encounter, Dick Baumbach. Pasangan ini hidup sederhana melalui profesi John sebagai penjual buah di toko miliknya Betar’s Market di Bridgeport, Connecticut, AS. Ann sendiri tinggal di rumah untuk mengurus kelima anak mereka. “Kami hanya hidup dengan sederhana saja dan kami merasa sangat bahagia,” kata John Betar. “Mereka adalah pasangan yang murah hati, penuh kasih dan periang. Cara mereka menghadapi segala masalah yang datang di kehidupan dengan selalu bersyukur merupakan salah satu hal yang paling mengesankan bagi kami,” ungkap salah seorang cucu mereka Heather Mitchel, seperti dikutip NewYork Daily News, Kamis (7/2). Nantinya semua pemenang Worldwide Marriage Encounter menerima surat pengakuan yang ditandatangani dan diberikan ucapan selamat dari Gedung Putih. Penghargaan seperti dapat menginspirasi setiap pasangan diseluruh dunia untuk melihat keindahan kesetiaan dan satunya pernikahan yang abadi.

Melihat kelebihan anggota keluarga kita seringkali merupakan resep yang sangat manjur untuk keharmonisan sebuah keluarga, itulah yang dinamakan dengan ‘harta terpendam.’ Namun sayangnya, seringkali kita gagal menemukan harta berharga ini ketika melihat keluarga kita. Kita hanya melihat batunya yang keras, tanaman di atasnya yang kurang berharga, atau berkas-berkas sampah yang tidak menyenangkan, tapi kita tidak bisa melihat harta terpendam yang ada di dalamnya. Tidak heran kita merasa keluarga kita adalah ‘ladang yang kosong’ yang tidak berharga dan tidak menyenangkan sama sekali. Mengapa? Sederhana: Karena kita gagal menemukan harta berharga yang terpendam itu. Firman Tuhan hari ini akan mencelikkan mata roh kita, sehingga sejak sekarang, kitapun bisa melihat bahwa ada harta terpendam dalam keluarga kita. John dan Ann Betar yang merayakan usia pernikahan mereka yang ke-81 tahun telah melihat harta terpendam dalam diri pasangannya masing-masing sehingga mereka bisa menjadi keluarga yang harmonis dan bahagia. (ABU)
RENUNGAN
Lihatlah bahwa ada harta terpendam dalam keluarga kita yang bisa membuat keluarga kita menjadi keluarga yang harmonis, sukses dan bahagia.

APLIKASI
1. Apakah harta terpendam dalam keluarga saudara?
2. Apakah saudara sudah menemukan harta terpendam dalam keluarga saudara?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami percaya bahwa bahwa ada harta terpendam dalam keluarga kami yaitu yang berharga,yang hebat,yang istimewa,yang menyenangkan,yang positif dalam keluarga kami. Tolong kami Roh Kudus agar kami dapat menemukan harta terpendam dalam keluarga kami. Amin.