Hasil Perjalanan Iman

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 03 November 2016

BACAAN HARI INI

Roma 5:1-11

RHEMA HARI INI

Roma 5:3-5 Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Arung jeram adalah sebuah olahraga yang bisa dibilang cukup ekstrem. Arung jeram atau lebih dikenal sebagai “rafting” adalah olahraga mengarungi sungai yang jeram –aliran air yang deras– dengan menggunakan perahu, kayak, atau kano. Bagi sebagian orang, arung jeram akan dianggap sebagai sebuah kegiatan yang aneh dan menakutkan. Namun, bagi orang yang menyukai tantangan, arung jeram akan menjadi sebuah olahraga yang seru dan mengasyikkan. Perjalanan yang akan mereka lalui memang tidak mudah, ada banyak riak dan jeram yang harus mereka lewati. Akan tetapi, kepuasan dan kegembiraan akan dirasakan oleh para pendayung ketika mereka berhasil melewati setiap jeram di sepanjang sungai yang mereka lalui. Perjalanan mengarungi sungai itu membutuhkan tekad, semangat, kepercayaan dan kekuatan. Tujuan akhir yang ingin dicapai oleh pendayung adalah garis akhir, tetapi lebih dari itu, ada banyak hal yang mereka peroleh selama perjalanan pengarungan sungai itu. Pengalaman yang tidak akan mereka lupakan adalah perjalanan dalam pengarungan sungai dengan jeram-jeramnya. Bagaimana cara mereka berhasil melewati setiap jeram yang ada.

Di dalam kehidupan manusia pun, tidak hanya hal baik yang kita alami. Terkadang Tuhan izinkan kita mengalami masalah, kesukaran, kekurangan dan ketidakberdayaan. Di situlah iman kita diuji. Bagaimana respons kita terhadap keadaan-keadaan itu menentukan kualitas kehidupan kita. Perayalah bahwa Tuhan selalu mengizinkan hal buruk terjadi dengan sebuah rencana, bukan tanpa alasan. Seberat apa pun proses yang sedang Anda lalui, belajarlah mengerti maksud Tuhan di balik semuanya itu. Maka bukan hanya penggenapan rencana Allah yang akan Anda terima, tetapi nilai-nilai yang jauh lebih mulia dan berharga akan Tuhan berikan dalam hidup anda! Jangan bingung dan jangan khawatir, sebaliknya, ketahuilah maksud Allah yang luar biasa di balik semuanya itu! Ketahuilah bahwa selama berlangsungnya sebuah proses, ALLAH SEDANG MEMPERSIAPKAN BERKAT YANG JAUH LEBIH BESAR dari sekadar KEMENANGAN ATAU JAWABAN DOA saja. ALLAH sedang MERAJUT SEBUAH KARAKTER DAN NILAI IMAN YANG INDAH dalam kehidupan Anda. (LEW)

RENUNGAN

Di balik semua PROSES PERJALANAN IMAN kita, ada berkat Tuhan yang JAUH LEBIH BESAR dari sekadar kemenangan dan jawaban doa

APLIKASI

1. Masalah, tantangan, kesukaran apa yang sedang Anda alami saat ini?
2. Bagaimana respons Anda saat menghadapi hal tersebut?
3. Sudahkah Anda mengandalkan Tuhan dalam setiap masalah yang Anda hadapi?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terima kasih untuk apa yang sedang kami alami saat ini. Ajarkan kami untuk selalu ada di jalan-Mu, dan ajarilah kami untuk mengerti setiap rencana-Mu dalam kehidupan kami. Kami percaya, lebih dari kemenangan yang Engkau berikan kepada kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Hakim-hakim 3-5