HATI BAPA KEMBALI PADA ANAK DAN HATI ANAK KEMBALI PADA BAPA

RHEMA HARI INI

Maleakhi 4:6 Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.

Sedari anak-anaknya lahir, Pak Danu tidak pernah mau mengasuh ataupun membantu istrinya merawat anak-anaknya. Pak Danu menyerahkan semua urusan anak-anak sepenuhnya pada Bu Tika, istrinya. Tentu Bu Tika sangat kerepotan mengurus kedua anaknya. Mulai dari memandikan, menyuapi, mengantar sekolah, menemani belajar dan bermain, semua di kerjakan oleh Bu Tika. Padahal ia juga masih harus bekerja dan mengurus urusan rumah tangga. Sementara Pak Danu, lebih tertarik dengan hobinya setelah selesai bekerja. Kedua anak itupun pun tumbuh besar dan menyadari ketimpangan dalam keluarganya. Mereka melihat bagaimana ibunya harus jungkir balik mengurus semuanya sendirian, sedangkan ayah mereka seakan tak peduli dengan urusan keluarga. Keduanya mulai kehilangan respek, bahkan si bungsu menyimpan rasa benci yang mendalam pada ayahnya.

Sebagian orang tua, mungkin merasa bahwa anak-anak yang masih sangat muda, toh tidak akan mengerti ataupun mengingat siapa yang mengasuh dan merawat mereka. Seperti Pak Danu, mereka memilih untuk baru mulai masuk dalam kehidupan anak-anaknya ketika mereka dianggap sudah cukup besar untuk memahami. Tetapi yang sebenarnya, seberapapun muda usia seorang anak, mereka tahu pasti siapa orang yang peduli dan menyayangi mereka. Jangan sampai anak-anak kita menyimpan sakit hati atau kekecewaan karena merasa diabaikan.

Itu sebabnya, jika memang orang tua pernah melakukan kesalahan, jangan tunda untuk meminta maaf pada anak-anaknya. Satu permintaan maaf yang tulus, seperti obat ajaib yang sangat manjur untuk menyembuhkan hati yang terluka. Begitupun sebaliknya, anak-anak janganlah menyimpan rasa kecewa dan benci, jangan keraskan hati saat orang tua menyadari kesalahannya. Ketika hati bapa kembali pada anak-anak dan hati anak-anak kembali kepada bapa, maka RASA KEPEMILIKAN terhadap anggota keluarga akan dipulihkan. Kesatuan dan kasih akan terjalin semakin erat sehingga keluarga kita menjadi keluarga yang indah dan berkenan di mata Tuhan. (PF)

RENUNGAN

Hati bapa HARUS KEMBALI kepada anak-anak, dan hati anak-anak KEMBALI kepada bapa.

APLIKASI

1. Bagaimana hubungan Anda dengan anak-anak atau orang tua Anda sekarang ini?
2. Apa arti hati bapa kembali pada anak-anak dan hati anak-anak kembali pada bapa, bagi Anda?
3. Adakah hubungan bapa-anak yang perlu Anda bereskan sekarang ini? Apa komitmen Anda untuk mewujudkannya?

DOA UNTUK HARI INI

β€œTuhan Yesus, apapun kondisi keluarga kami saat ini, kami mengucap syukur atas keluarga kami. Tolong kami Tuhan,untuk mengoreksi hati kami dan membereskan setiap permasalahan dengan keluarga kami. Kami percaya dengan pertolongan-Mu, keluarga kami akan dipulihkan dengan sempurna. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!