Hati-Hati Dengan Kepahitan

BACAAN HARI INI
Amsal 4:1-27

RHEMA HARI INI
Amsal 4:23 “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan”.

Waktu kecil Endang pernah jatuh dari ketinggian dengan cukup keras. Karena kejadian itu, penglihatan Endang semakin menurun seiring pertambahan usianya. Puncaknya ialah ketika Endang menikah dan mempunyai anak. Penglihatannya semakin kabur dan ia menjadi buta.

Perasaan depresi yang begitu dalam mengisi hari-hari Endang. Ia tidak bisa membiasakan diri dengan keadaan barunya hingga suatu hari dengan pikiran yang kalut ia memutuskan mengakhiri hidup. Ketika silet hendak menyayat tangannya, tiba-tiba Theresia, anak Endang yang kedua menangis dengan keras karena berebut mainan dengan kakaknya. Endang tersentak dan segera lari keluar kamar menghampiri anaknya. Endang berkata, “Saya mendengar jeritannya dan saya buang silet itu. Saya menangis sejadi-jadinya dan mohon ampun pada Tuhan. Hampir saja saya melakukan kebodohan itu.”

Beberapa minggu kemudian, Endang melayat seorang tetangganya yang meninggal dunia. “Mak, bangun Mak!” teriak anak dari tetangga tersebut berkali-kali saat pemakaman berlangsung. Endang menangis dan ia sadar bahwa ia masih dibutuhkan oleh anak dan suaminya. Endang pun bangkit kembali dan mulai membiasakan diri hidup sebagai seorang tunanetra.

Berhati-hatilah dengan kepahitan yang ada dalam hati Anda! Kepahitan membuat hidup Anda tidak bahagia. Dampaknya adalah rusaknya hubungan, karir, dan masa depan. Bagaimana caranya supaya kita tidak terjebak dalam kepahitan? Tetap fokus pada janji pemeliharaan Tuhan dan jagalah hati dengan segala kewaspadaan. Tuhan Yesus memberkati (ABU).

RENUNGAN
KEPAHITAN akan merusak hidup Anda.

APLIKASI
1. Apa komitmen Anda setelah membaca renungan hari ini ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami mau berkomitmen untuk menjaga hati agar kepahitan tidak menyerang kami karena kami mau masuk dalam tanah perjanjian yang telah Engkau siapkan, Tuhan.
Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Tawarikh 23-24
Markus 5:21-43