Hati Yang Dimurnikan Tuhan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 22-24
Kisah Para Rasul 11

BACAAN HARI INI

Ayub 23:1-12

RHEMA HARI INI

Ayub 23:10 Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.

“Tuhan, aku sungguh tidak mengerti,” seru Sella dalam doanya. Setahun belakangan ini, ia kehilangan pekerjaan, rumah tangganya goncang, dan ia sempat jatuh sakit. Ketika seorang teman mengajaknya usaha bersama, ia merasa Tuhan mulai membuka jalannya. Namun, saat proyek pertama mereka hampir selesai, terjadi masalah besar dan teman Sella menjadikannya tameng untuk melindungi nama baiknya sendiri. Tanpa bisa berbuat apa-apa, Sella hanya bisa menerimanya. Seiring waktu, ia pun mengamati bagaimana hidup temannya itu seolah-olah begitu terberkati. Ia selalu mendapatkan apa pun yang ia inginkan. Padahal Sella tahu bagaimana temannya suka berbelok-belok dan memutarbalikkan kebenaran. Sedangkan Sella yang selalu berusaha berbuat benar sesuai firman, hidupnya malah penuh derai air mata.

Ayub pun pernah merasakan hal yang sama. Sepanjang hidupnya, ia tidak pernah menyimpang dari jalan Tuhan, tetapi begitu banyak kemalangan yang menimpanya. Hatinya pun memberontak dengan keluh kesah. Meski Ayub begitu ingin membela dirinya di hadapan Allah, pada akhirnya ia mengakui bahwa Allah berdaulat melakukan apa pun kehendak-Nya. Ayub menyadari, dibandingkan harta paling berharga di dunia ini sekalipun, Tuhanlah yang terlebih berharga di atas segala-galanya.

Bagai emas murni yang teruji di dapur perapian, hati yang tulus mencintai Tuhan, itulah yang Tuhan tunggu-tunggu dari anak-anak-Nya. Kalau selama ini kita berpikir hidup yang diberkati Tuhan adalah memiliki semua yang kita inginkan, maka kita salah besar. Kemurnian hati kita bagi Tuhan, justru terlihat ketika semua hal yang berharga diambil dari kita. Saat kita sudah berbuat benar dan tetap berbuat benar di tengah penderitaan, tetapi masalah terus berdatangan, bahkan membuat kita terpuruk, sesungguhnya Tuhan tengah menguduskan kita sebagai bejana emas-Nya. Ya, jangan biarkan permasalahan mengintimidasi kita, bangkitlah menjadi terang dan terus lakukan bagian kita dalam perjanjian berkat, maka Tuhan akan membawa kita dari kemuliaan pada kemuliaan. (MV.L)

RENUNGAN

MURNIKANLAH HATI kita hanya untuk CINTA TUHAN melebihi segalanya, maka Tuhan akan MELIMPAHKAN BERKAT-NYA atas kita.

APLIKASI

1. Masalah apa sajakah yang kini tengah bergejolak dalam hidup Anda?
2. Bagaimana semua permasalahan itu mempengaruhi hubungan Anda dengan Tuhan?
3. Bagaimana Anda bisa semakin mendekat pada Tuhan di tengah semua permasalahan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih atas semua yang terjadi dalam hidup kami, bahkan atas semua masalah dan rintangan serta hambatan yang kami alami. Kami percaya, semua yang baik maupun yang buruk, Engkau izinkan terjadi demi kebaikan kami. Murnikanlah hati kami, ya Tuhan, agar kami bisa timbul seperti emas di hadapan-Mu, dan bisa Engkau pakai untuk menyatakan terang kasih-Mu di tengah kegelapan di sekitar kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”