Hati Yang Dipenuhi Belas Kasih Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 23 November 2016

BACAAN HARI INI

1 Yohanes 4:7-21

RHEMA HARI INI

1 Yohanes 4:19 Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.

Pendidikan selalu menjadi masalah pelik di daerah terpencil, khususnya di kawasan Indonesia Timur. Meski pemerintah sudah memberikan bantuan berupa gedung sekolah yang layak di sejumlah tempat, tetapi kondisi geografis setempat kerap menyulitkan akses menuju tempat belajar. Ketersediaan dan kesediaan guru juga sering menjadi faktor penghambat. Padahal, masih banyak anak yang memiliki potensi tak tergali di daerah-daerah tersebut. Termasuk Yopi, yang telah berumur sebelas tahun, tetapi belum juga lancar membaca. Suatu hari, desanya kedatangan serombongan orang kota yang membawa misi penginjilan. Yopi dan anak-anak lainnya begitu bersemangat. Karena biasanya, selain membawa makanan, mereka terkadang juga mengadakan kelas singkat untuk mengajari anak-anak setempat. Selama kelas berlangsung, seorang guru melihat, meski Yopi belum lancar membaca dan berhitung, tetapi ia cepat tanggap dan rasa keingintahuannya tinggi. Akhirnya guru tersebut menawari keluarga Yopi program bantuan dari yayasan yang khusus memberikan beasiswa pendidikan di kota besar untuk anak-anak pedalaman yang berpotensi besar. Sepuluh tahun kemudian, Yopi berhasil lulus dari salah satu universitas terbaik di Jakarta. Namun, meski ia telah terbiasa hidup nyaman, ia tidak pernah melupakan anak-anak yang tidak seberuntung dirinya di desa asalnya. Ia pun memilih untuk pulang ke rumah masa kecilnya dan mengajar. Bertahun kemudian, keputusannya itu bukan hanya mencerahkan wajah pendidikan di kampung halamannya, tetapi juga membangun kualitas hidup masyarakat di sana.

Saudara, tidakkah ketika Tuhan menyentuh hati kita, kita mengalami hal yang serupa? Kasih Tuhan yang memenuhi hati kita, membuat kita ingin meraih orang lain untuk merasakan hal yang sama dengan kita. Jika awalnya kita dipenuhi dengan berbagai masalah dan keinginan serta keuntungan pribadi, maka kini kita dapat mulai melihat dari kacamata-Nya Tuhan. Itulah sebabnya, kita perlu mendekat kepada Tuhan, agar kasih-Nya yang membawa kehidupan selalu memenuhi hati kita. (MV.L)

RENUNGAN

HATI YANG DIPENUHI BELAS KASIH TUHAN akan membuka mata kita untuk MELIHAT KEBUTUHAN ORANG LAIN dan PEKA DENGAN PERGUMULAN MEREKA

APLIKASI

  1. Pernahkah Anda mengalami sentuhan belas kasih Tuhan?
  2. Jika ada seseorang di dekat Anda yang mengalami masalah, apa yang biasanya Anda lakukan?
  3. Apa yang dapat Anda lakukan agar hati Anda dapat selalu dipenuhi dengan belas kasih Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang terkasih, ampuni kami apabila selama ini kami dipenuhi dengan berbagai permasalahan dan kepentingan diri kami sendiri. Penuhilah hati kami dengan belas kasih-Mu. Kami mau menjadi alat-Mu untuk meraih orang-orang yang membutuhkan-Mu, ya, Tuhan.
Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 17, 35, 54,63