HATI YANG MURNI ADALAH HATI YANG MUDAH DIBENTUK

RHEMA HARI INI

Mazmur 51-12 Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!

Suatu hari, seorang pengrajin bejana tengah mencari sebuah bejana untuk ia poles kembali. Ia masuk ke sebuah toko, berjalan keliling sambil melihat-lihat beraneka macam bejana yang ada. Melihat pengrajin itu menyusuri rak, si bejana perak berkata: “Pilih aku saja! Aku kuat dan indah dipandang.” Namun pengrajin itu hanya diam dan melewatinya. Kemudian pengrajin itu melayangkan pandangannya ke sebuah bejana kaca, dan segera si bejana kaca berucap, “Ya! Ya! Kesini, ambil aku saja! Aku sangat jernih dan mulut bejanaku lebar.” Tetapi pengrajin itu masih saja diam dan melewatinya. Lalu kembali pengrajin itu melihat sebuah bejana yang terbuat dari kayu. Si bejana kayu pun mulai memamerkan keindahannya, “Lihatlah badanku! Penuh ukiran yang indah. Dan aku juga sangat kokoh. Sebaiknya pilih aku saja!” Sekali lagi pengrajin tersebut tidak bersuara dan berlalu dari bejana kayu itu.

Sampai di sudut ruangan, ia melihat sebuah bejana tanah liat yang berdebu, tergeletak begitu saja di lantai. Si pengrajin penasaran dan menghampirinya dan mengamat-amati bejana itu, dengan suara lirih si bejana tanah liat berkata, “Tuan, maukah kau memilihku? Aku tahu aku jelek, tetapi maukah kau membentuk dan memolesku agar aku menjadi indah?” Mendengar hal itu si pengrajin tersenyum lebar dan mengambil bejana tanah liat tersebut. “Aku tidak membutuhkan bejana yang kuat, yang indah, maupun yang kokoh. Yang aku butuhkan hanyalah bejana yang mau dibentuk”, ujar pengrajin itu.

Demikian pula halnya dengan Tuhan. Dia tidak mencari orang yang hebat, yang pandai maupun yang kuat. Namun yang Dia cari adalah orang yang memiliki hati yang murni, hati yang mau dan mudah untuk dibentuk. Bagaimanakah dengan kita? Sudahkan kita memiliki bejana hati yang siap untuk dibentuk Roh Kudus? Percayalah, sekalipun proses pembentukan itu tidak mengenakkan, namun tujuan akhir dari proses pembentukan itu adalah untuk kebaikan kita sendiri. Karena Dia tidak pernah merancangkan hal yang buruk untuk kita, melainkan rancangan akan masa depan yang gemilang dan penuh harapan adalah tujuan akhir-Nya.

RENUNGAN

Memiliki HATI yang MURNI adalah hati yang MUDAH DIBENTUK oleh Roh Kudus.

APLIKASI

1. Bagaimana Anda menilai hati Anda, mudah atau sulitkah untuk dibentuk oleh Roh Kudus?
2. Apa tujuan Roh Kudus membentuk hati Anda?
3. Bagaimanakah sikap hati yang mudah dibentuk itu?

DOA UNTUK HARI INI

Ya Bapa, ini kami, anak-anak-Mu. Dengan segala kerendahan hati, kami mau berserah penuh kepada-Mu. Bentuklah kami sesuai kehendak-Mu, ya Bapa. Jadikanlah kami indah yang dapat Engkau pakai untuk kemuliaan nama-Mu. Karena kami tahu bahwa rancangan-Mu adalah yang terbaik bagi setiap kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!