Hawa Nafsu Yang Menjerat

BACAAN HARI INI

RHEMA HARI INI
1 Timotius 6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.

Nafsu yang besar untuk mempunyai harta telah menyebabkan sebagian besar orang terperangkap hutang yang tak kunjung selasai. Rupanya hal ini menyebabkan kesengsaraan bagi banyak orang dari bangsa manapun juga. Seperti terbukti dari pepatah Sansekerta kuno yang berbunyi, “Untuk melindungi pakaiannya dari serangan tikus-tikus ia memelihara seekor kucing; untuk memperoleh susu bagi kucing, ia membeli seekor sapi; untuk merawat sapi ia menggaji seorang pembantu dan untuk mengurus pembantunya ia membutuhkan seorang istri.” Urutan-urutan seperti di atas sudah tidak lagi diikuti orang-orang, tetapi prinsip yang menjadi dasarnya sama. TH Spurgeon mendengar seorang yang bangkrut gara-gara sebuah sofa baru. Orang itu menjelaskan, “Sofa itu merupakan permulaan yang buruk; sofa itu terlalu indah, sehingga membuat meja kursi saya yang lama menjadi usang, dan saya membeli kursi yang baru. Sofa itu pula yang membuat gordyn-gordyn harus diganti. Untuk menyelaraskan suasana ruangan yang baru, saya menjual juga perabot-perabot yang lama dan menggantikan dengan yang baru. Akhirnya setelah semuanya lengkap, saya berpendapat bahwa rumah saya tak cocok lagi untuk semua perabot yang baru, sehingga saya harus membeli rumah yang lebih besar. Dan bangkrutlah saya karena semuanya itu!”

Nafsu manusia, semakin dituruti akan semakin menjadi-jadi. Nafsu yang dituruti akan membuat kita terjerumus dalam jerat kesulitan yang sangat dalam. Itu sebabnya, jangan membuka celah terhadap nafsu dan keinginan kita akan keduniawian yang tidak akan pernah ada habisnya. Tundukkanlah hawa nafsu kita dibawah pikiran Kristus dan serahkanlah segala keinginan hati kita kepada Tuhan, maka damai sejahtera dari Tuhan akan memenuhi kehidupan kita.

RENUNGAN
Jangan turuti HAWA NAFSUMU, agar tidak terjerat dalam kesulitan yang sangat dalam.

APLIKASI
1. Koreksi, adakah keinginan-keinginan hati Anda akan keduniawian yang masih begitu menguasai hidup Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Roh Kudus, tolong kami untuk menaklukkan segala keinginan hawa nafsu keduniawian kami di bawah kaki-MU. Kami rindu hidup seturut dengan firman-MU. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Bilangan 35-36