Hidup Adalah Penentu

BACAAN HARI INI
Lukas 23:33-43

RHEMA HARI INI
Lukas 23:43 “Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”

Menurut para teolog, ada 2 macam pengadilan yang akan dihadapi oleh manusia saat ia meninggal dunia. Pengadilan pertama adalah The Judgment Seat of Christ (Tahta Pengadilan Kristus) untuk orang-orang yang percaya pada Kristus. Pengadilan ini akan menentukan mahkota apa yang akan mereka terima dalam kekekalan. Pengadilan yang kedua adalah The Great White Throne Judgment (Tahta Pengadilan Putih Besar) untuk orang-orang yang belum percaya pada Kristus. Kedua pengadilan ini akan menghakimi setiap perbuatan yang sudah dilakukan oleh manusia selama hidup di dunia.

Masih ingat kisah tentang dua orang penjahat yang disalibkan bersama dengan Yesus? Tahukah Anda siapa nama mereka?

Dismas dan Gestas, dua orang penjahat yang disalibkan bersama dengan Yesus membuktikan bahwa keselamatan tidak tergantung dari seberapa baik perbuatan mereka semasa hidup. Keselamatan adalah sebuah pilihan iman. Dismas dan Gestas bukanlah orang baik semasa hidup, terbukti dengan hukuman salib yang mereka hadapi. Namun demikian, respon mereka terhadap keselamatan yang Yesus tawarkan menentukan pengadilan yang akan mereka hadapi. Dismas langsung mengakui kesalahannya saat bertemu Yesus di salib. Dia mengakui Yesus sebagai Juru Selamat. Respon yang bertolak belakang diberikan oleh Gestas.

Bagaimana dengan Anda? Di pengadilan mana Anda ingin dibawa setelah meninggal? Firman Tuhan berkata bukan perbuatan baik yang dapat menyelamatkan kita, namun anugerah Tuhan semata. Gestas yang tidak mau percaya pada Yesus akhirnya meninggal dan menghadapi Tahta Pengadilan Putih Besar, namun Dismas yang telah diselamatkan oleh anugerah meninggal dengan menerima Tahta Pengadilan Kristus. Anugerah yang sama juga tersedia untuk Anda dan saya. Tidak ada orang yang dapat mengontrol perbuatan yang ia lakukan di dunia karena manusia tidak sempurna. Namun demikian, Anda dan saya punya kesempatan untuk memilih sebelum kita meninggal dunia. Pilihlah dengan benar. Amin. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Di PENGADILAN KEKEKALAN mana kita akan berdiri, tidak DITENTUKAN setelah kita meninggal dunia, tapi SEMENTARA KITA MASIH HIDUP di dunia ini.

APLIKASI
• Apa yang Anda pahami tentang Tahta Pengadilan Kristus dan Tahta Pengadilan Putih Besar ?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, ini janji kami. Selama kami masih hidup di dunia, kami mau terus berbuat baik. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 132-134
Lukas 12:35-59