Hidup Baru Dalam Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 29 Mei 2016

BACAAN HARI INI

Efesus 4:17-32

RHEMA HARI INI

Efesus 4:22 yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan,

Karen Wheaton, seorang hamba Tuhan wanita yang dipakai Tuhan secara ajaib, suatu kali sempat terhanyut di dalam pemikiran-pemikiran dan percakapan-percakapan tentang hal-hal yang telah terjadi dalam hidupnya di masa lalu, mengenang kembali setiap detil dari luka-luka pada suatu situasi yang sangat menyakitkan. Ketika lamunannya tentang hal-hal tersebut hampir berakhir, ia mendengar suara Tuhan berbicara kepadanya. Sangat dalam dan sangat jelas kepada rohnya, Tuhan berkata, “Berhentilah memakan bangkai-bangkai dari masa lalu, itulah yang biasanya dilakukan oleh seekor burung pemakan bangkai. Apa yang terjadi pada masa lalu telah mati. Aku tidak memanggilmu untuk menjadi seperti seekor burung pemakan bangkai tetapi untuk menjadi seperti seekor burung rajawali. Engkau harus menanti-nantikan Aku dan menerima kekuatan dari-Ku yang akan memperbaharui hidupmu, supaya engkau dapat terbang tinggi mengatasi gunung-gunung sebagai seekor rajawali.”

Anda mungkin menemukan kesulitan untuk melepaskan masa lalu. Mungkin Anda merasa begitu terluka oleh situasi-situasi di masa lalu untuk mempercayai bahwa ada “hal yang baru” untuk Anda hari ini. Ketika Anda berkata, “Tidak mungkin.” Tuhan berkata, “Itu mungkin.” Ketika Anda berkata, “Saya tidak bisa.” Tuhan berkata, “Engkau bisa.” Ketika Anda berkata, “Tapi itu menyakitkan.” Tuhan berkata, “Aku bisa menyembuhkan.” Ketika Anda berkata, “Tidak ada jalan.” Tuhan berkata, “Aku akan membuat jalan. Disana… di padang gurunmu, dimana kelihatannya seperti tidak ada jalan.”
Ya, hal ini dapat dilakukan. Anda tidak perlu lagi terbelenggu dengan kebiasaan manusia lama yang masih menyimpan luka masa lalu. Tetapi Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Mulailah hari ini dengan meminta pertolongan Tuhan serta kemampuan daripada-Nya. Percayalah bahwa kehendak Tuhan yang indah akan terjadi dalam kehidupan Anda.

RENUNGAN

Tinggalkan KEBIASAAN BURUK manusia lama, bangkitlah dengan KEBIASAAN BARU manusia Allah, maka kita akan mengalami terobosan besar dalam hidup kita!

APLIKASI

  1. Kebiasaan manusia lama apa yang masih Anda simpan/lakukan sampai hari ini?
  2. Komitmen apa yang akan Anda lakukan untuk meninggalkan kebiasaan manusia lama Anda itu?

DOA UNTUK HARI INI

“Kami bersyukur Ya Tuhan, karena kekuatan dan kemampuan-MU yang Engkau anugerahkan kepada kami, sehingga kami dapat meninggalkan kebiasaan manusia lama kami yang tidak berkenan di hadapan-MU dan memulai hidup baru yang penuh anugerah serta perkenanan-MU. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Matius 16
Markus 8