Hidup Dalam Pimpinan Roh Kudus

BACAAN HARI INI
Keluaran 13:17-22

RHEMA HARI INI
Keluaran 13:21 Tuhan berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam.

Pada suatu hari, seorang petani baru saja selesai membersihkan kandang kuda. Saat tiba di rumah dan akan membersihkan diri, ia tersadar bahwa arloji saku pemberian istrinya yang ia simpan di saku hilang. Segera ia kembali ke kandang kuda untuk mencari arloji tersebut. Namun, walaupun ia sudah mencari ke seluruh sudut kandang, arloji itu tetap tidak ditemukan.

Ketika petani ini sudah putus asa, ia melihat sekumpulan anak yang sedang bermain di dekat kandang. Ia kemudian mendatangi anak-anak itu dan menawarkan kepada mereka, barangsiapa dapat menemukan arlojinya yang hilang di kandang kuda akan mendapatkan imbalan. Langsung saja anak-anak itu mencari dengan penuh semangat. Namun, mereka keluar dari kandang dengan tangan kosong. Petani ini pun memutuskan untuk menyerah.

“Pak, bolehkah saya sekali lagi masuk untuk mencari arloji itu?” seorang anak mendatanginya. Dengan sedikit ragu, petani itu mengizinkan. Tidak lama kemudian bocah kecil itu keluar dengan membawa sebuah arloji. Dengan keheranan, petani ini menanyakan mengapa ia dapat menemukannya. Dengan enteng anak itu menjawab, “Setelah saya masuk, saya hanya diam dan duduk di lantai, sebentar kemudian saya mendengar bunyi detik arloji, dan saya menemukannya.”

Ilustrasi diatas seringkali berbicara tentang bagaimana kita menghadapi masalah-masalah hidup. Seringnya kita terlalu sibuk mencari, mencoba, dan menghadapi dengan usaha dan kekuatan sendiri. Lalu, kita tidak menemukan jawabannya. Karena apa? Karena kita lupa duduk diam dan mencari kehendak Tuhan.

Seseorang yang berdoa pasti memiliki kehidupan yang dipimpin oleh Roh Kudus. Dipimpin oleh Roh Kudus artinya Tuhan bergerak di depan kita, sehingga kita memiliki petunjuk dalam setiap langkah hidup kita, bukan sebaliknya, kita berjalan kemana kita mau sambil berharap Tuhan memberkati kita. Nah, mari cek hidup kita, sudahkah hidup kita dipimpin oleh Roh Kudus? Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Hidup dalam PIMPINAN ROH KUDUS akan mendatangkan perkenanan Tuhan dan jawaban doa.

APLIKASI
 Apakah hidup Anda sudah dipimpin oleh Roh Kudus ?

DOA UNTUK HARI INI
Allah Roh Kudus, kami bersyukur atas tuntunan-Mu yang selalu Engkau sediakan saat kami mencari Engkau. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yosua 4-6
Kisah Para Rasul 19:21-41