Hidup Yang Berlimpah Kasih Karunia Adalah Hidup Yang Dipakai Oleh Tuhan

BACAAN HARI INI
Efesus 3:14-21

RHEMA HARI INI
Efesus 3:19b-20 Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah. Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,

Setiap kita butuh anugerah Tuhan, karena tanpa anugerah-Nya, kita akan memperjuangkan hidup ini seperti orang-orang dunia. Anugerah akan membedakan kita dan menjadikan kita tanda ajaib di hadapan dunia. Dan salah satu kunci anugerah Tuhan ada dalam hidup kita adalah kesediaan untuk dipakai Tuhan. Dipakai Tuhan bukan hanya sebatas ketika kita menjadi hamba Tuhan atau pelayan Tuhan, tapi ketika kita mempersilahkan Tuhan memakai semua aspek dalam hidup kita untuk menyatakan kemuliaan-Nya. Disinilah anugerah Tuhan akan tercurah sehingga mau tidak mau, orang akan melihat betapa besarnya Tuhan melalui hidup kita.

Contohnya adalah kehidupan Daud. Ia hanyalah seorang pemuda penggembala domba, tapi kita tahu bagaimana hubungannya dengan Tuhan begitu dekat, dan Tuhan menemukan ada hati yang mau dan bisa dipakai. Saat nama Tuhan direndahkan di hadapan seluruh bangsa, hati Daud tergugah. ia satu-satunya yang MAU DIPAKAI untuk menyatakan bahwa Allah Israel adalah Allah yang besar. Secara hitungan manusia, tidak mungkin Daud bisa menang. Beda ukurannya terlalu besar, memakai baju perang pun Daud tidak sanggup. Tapi dengan sangat ajaib, Tuhan memback up Daud. Hanya sekali lempar, batu yang diumban dengan pengali-alinya, terbenam dalam dahi Goliat dan langsung menewaskannya. Sungguh kemenangan yang tidak masuk akal, tapi inilah anugerah Tuhan. Kebesaran dan kemuliaan Tuhan didemonstrasikan dan mau tak mau seluruh bangsa harus mengakui bahwa Allah mereka, Allah Israel, Allah yang disembah Daud itu hidup dan besar!

Bukan karena kehebatannya Daud mampu mengalahkan Goliat, tapi kerinduan hatinya agar nama Tuhan ditegakkan, yang mendatangkan anugerah besar atas hidupnya. Daud sudah membuktikan bagaimana anugerah Tuhan mengerjakan baginya lebih dari apa yang sanggup ia pikirkan. Daud mengalami kemenangan yang tidak masuk akal. Sekarang giliran kita, maukah kita memberi diri dipakai dan percaya bahwa anugerah yang sama pasti akan Tuhan curahkan ketika Dia mendapati ada hati yang mau bertumbuh dalam anugerah-Nya. Hati yang mau dipakai untuk menyatakan kemuliaan-Nya. Haleluya!  (L.A)

RENUNGAN
SEDIAKAN HIDUP kita untuk DIPAKAI TUHAN, maka Tuhan akan MELIMPAHKAN KASIH KARUNIA yang tidak masuk akal dalam hidup kita.

APLIKASI
1.    Sudahkah Anda menyediakan hidup Anda untuk dipakai Tuhan?
2.    Dalam hal apa Tuhan ingin pakai hidup Anda? Sudahkah Anda bertanya pada Tuhan?
3.    Jika Anda sudah menyediakan hidup Anda untuk dipakai Tuhan, apa yang Anda rasakan dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih atas anugerah yang begitu besar yang sudah Kau sediakan bagi kami. Ini hidup kami, Tuhan, pakailah sesuai dengan kehendak-Mu dan biarkan kami bertumbuh dalam anugerah-Mu, supaya hidup kami semakin mempermuliakan nama-Mu. Didalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.