HIDUP YANG PENUH DENGAN HIKMAT DAN PENYERTAAN TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yeremia 30-31
Filemon

RHEMA HARI INI
Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

James Gilmour, seorang misionaris di Mongolia, diminta untuk merawat beberapa serdadu yang terluka. Gilmour bukan seorang dokter, ia hanya mengerti tentang pertolongan pertama. Ketika ia membersihkan dan membalut luka dua orang serdadu, datang serdadu ketiga dengan kondisi kakinya patah sangat parah. Gilmour tidak tahu apa yang harus ia lakukan, sehingga ia berdoa dalam hati meminta pertolongan Tuhan. Setelah berdoa, ia bangkit dengan penuh keyakinan bahwa Tuhan pasti menolongnya. Tiba-tiba datang sekelompok pengemis, dan ia pun memberi mereka sejumlah uang. Gilmour memperhatikan salah satu dari pengemis itu yang tampak begitu kurus, hampir seperti kerangka berjalan. Gilmour pun menyadari bahwa Tuhan sedang memberikan pertolongan kepadanya dengan mendatangkan pelajaran anatomi tubuh baginya. Dengan seizin pengemis itu, Gilmour memeriksa dan mempelajari tulang pahanya, sehingga ia mendapat hikmat dan tahu apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki tulang patah serdadu itu.

Kisah Gilmour ini tidak berbeda jauh dengan yang dialami Yusuf. Yaitu ketika Yusuf diberi kepercayaan untuk memerintah pada masa tujuh tahun kelimpahan dan tujuh tahun kekeringan. Tentu hal itu bukanlah situasi yang mudah, tetapi kita semua tahu bahwa Yusuf hidup penuh dengan Roh Kudus. Ia memperoleh hikmat dan penyertaan Allah yang luar biasa, sehingga mengerti apa yang harus dikerjakannya selama masa itu. Alkitab pun mencatat bahwa Yusuf berhasil menjadi penyelamat bangsa yang besar.

Rhema hari ini mengajarkan kepada kita bahwa Tuhan akan mengerjakan hal yang sama kepada kita semua ketika hidup kita dipenuhi Roh Kudus. Tuhan akan memberikan hikmat dan juga penyertaan ilahi atas kita, sehingga persoalan apa pun yang sedang kita alami saat ini, akan dengan mudah kita lewati. Segala kegagalan kita, akan digantikan dengan keberhasilan, dukacita digantikan dengan sukacita, bahkan hidup kita akan menghasilkan buah yang sangat lebat. Oleh karena itu, marilah kita berjuang untuk terus mencari wajah Tuhan dan tinggal dalam hadirat-Nya, sehingga hidup kita akan dipenuhi oleh Roh Kudus.

RENUNGAN
Saat dipenuhi oleh Roh Kudus, kita juga dipenuhi dengan HIKMAT dan PENYERTAAN ilahi.

APLIKASI
1. Mengapa kita membutuhkan hikmat dan penyertaan ilahi dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari?
2. Mengapa kepenuhan Roh Kudus menjadi syarat utama jika kita ingin hidup kita penuh dengan hikmat dan penyertaan ilahi? Jelaskan.
3. Bagaimana cara Anda membangun hidup Anda agar senantiasa hidup Anda penuh dengan Roh Kudus? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih atas kasih-Mu bagi kami yang begitu luar biasa. Kami juga bersyukur karena Engkau telah memberikan bagi kami seorang Sahabat dan Penolong yang begitu setia. Kami rindu hidup kami penuh dengan Roh Kudus, sehingga kami pun penuh dengan hikmat dan senantiasa dalam penyertaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”