Hidup Yang Penuh Kuasa Dan Otoritas Allah

Renungan Keluarga Allah
Selasa, 10 Mei 2016

BACAAN HARI INI

Markus 16:9-20

RHEMA HARI INI

Markus 16:18 mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”

Ada sebuah kesaksian dari seorang wanita yang bertobat dari kepercayaannya yang lama. Dia memutuskan untuk mengikut Yesus walau seluruh keluarganya menentang dan berusaha mengembalikannya kepada kepercayaannya yang dulu. Dalam situasi yang sangat menekan, beberapa kali wanita ini diberi minuman yang berasal dari orang pintar. Tapi sungguh ajaib, tidak pernah ada hal buruk yang terjadi ketika wanita itu meminum apapun yang diberikan kepadanya. Kuasa Roh Kudus yang ada didalam wanita itu sungguh nyata melindunginya dari kuasa roh jahat.
Seorang dukun sakti dari pedalaman Afrika yang bertobat juga menceritakan apa yang dulu dialaminya, yaitu ketika dia tidak bisa mengganggu orang yang sungguh-sungguh mengikut Yesus. Seperti ada perisai yang tidak tertembus oleh kuasa gelap apapun. Kuasa gelap yang dimilikinya hanya bisa mengenai orang itu saat ada celah yang dibuka sendiri oleh orang tersebut.

Pernahkah Anda ada di sebuah situasi yang membutuhkan manifestasi kuasa Roh Kudus secara nyata seperti kisah-kisah diatas? Percayakah jika Anda yang ada di posisi orang-orang tersebut, kuasa Tuhan pun sama nyata dan berkuasanya selama Anda tidak membuka celah dan percaya dengan sungguh-sungguh? Hari ini terimalah satu kebenaran bahwa kuasa yang sama juga ada di dalam diri Anda jika Anda adalah orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus. Kuasa dan otoritas dari Allah sendiri akan turun memenuhi hidup Anda. Tetapi ingatlah bahwa celah yang Anda buka sendiri bisa melumpuhkan kuasa yang ada pada diri Anda. Celah itu adalah dosa, hati yang dipenuhi kekecewaan, kesombongan, tidak mengampuni, dll.

Bahkan tidak hanya kuasa atas roh jahat yang Anda miliki, tetapi juga kuasa untuk menghancurkan ikatan dosa, kuasa untuk mematikan kehendak sendiri dan melakukan kehendak Tuhan, juga kuasa untuk menaklukkan segala pikiran manusia dibawah pikiran Kristus. Tanamkan dalam hati Anda bahwa Anda memiliki kuasa dan otoritas yang penuh dari Allah sendiri. Bukan Anda yang melakukan itu, tetapi kuasa Roh Kuduslah yang melakukannya bagi Anda.

Bukalah hati Anda untuk Roh Kudus dan katakan bahwa Anda membutuhkanNya. Mintalah supaya Roh Kudus senantiasa memenuhi hidup Anda dan terus mengoreksiserta mengingatkan Anda atas setiap celah yang mungkin masih Anda miliki, sehingga otoritas dan kuasaNya selalu nyata dalam setiap ‘peperangan’ yang Anda hadapi. Dan hidup Anda juga akan menjadi kesaksian bagi banyak orang yang melihat betapa nyata kuasa Tuhan yang ada pada diri Anda, sehingga nama Tuhan akan semakin dipermuliakan!

RENUNGAN

Orang Kristen yang DIPENUHI ROH KUDUS seharusnya menjadi orang-orang yang PENUH KUASA DAN OTORITAS Allah.

APLIKASI

  1. Apakah Anda memandang bahwa kepenuhan Roh Kudus adalah sebuh kebutuhan anda setiap hari? Jika ‘Ya’, komitmen apakah yang Anda lakukan setiap hari untuk memastikannya? Jika ‘Belum/Tidak’, maukah Anda mulai menyadari bahwa kepenuhan Roh Kudus adalah sebuah kebutuhan Anda setiap hari?
  2. Tulis komitmen Anda supaya selalu mengalami kepenuhan Roh kudus!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, penuhilah hidupku dengan Roh KudusMu. Aku membuka hatiku ya, Tuhan, berkaryalah supaya kuasaMu nyata dan banyak orang melihat Engkau melalui hidupku sehingga mereka menjadi percaya dan namaMu semakin dipermuliakan. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa, Amin!

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Lukas 1
Yohanes 1