Hidupku Karena Percaya, Bukan Karena Melihat!

BACAAN HARI INI
2 Korintus 5:1-10

RHEMA HARI INI
2 Korintus 5:7 –sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat–

Apa yang Anda lakukan saat dokter memvonis Anda dengan satu penyakit yang berbahaya? Bahkan Anda sudah tidak memiliki harapan hidup seperti yang Anda impikan? Dunia serasa hancur bukan?! Ya, itulah yang dialami oleh Via, bahkan bukan hanya satu penyakit yang menggerogoti tubuhnya. Semenjak ia terkena kanker kelenjar getah bening, dan Autoimun (gangguan sistem kekebalan tubuh) atau yang sering kita kenal dengan penyakit Lupus, baginya hidupnya sudah tidak berarti lagi, segala yang ia lakukan seakan sia-sia saja. Bagaimana tidak, dimanapun ia berada ia tidak pernah jauh-jauh dari tabung oksigen portable, bahkan yang lebih mengkhawatirkan lagi, sewaktu-waktu ia bisa pingsan tanpa mengenal situasi dan tempat. Orang-orang di sekitarnya pun merasa memang sudah tidak ada harapan untuk Via bisa hidup normal, apalagi sembuh dan sehat.

Sampai suatu hari ia diajak oleh saudaranya untuk mengikuti Unlimited Conference di Keluarga Allah. Saat itu Via hanya berfikir “Ah, okelah aku coba.. toh cara apapun yang aku lakukan, keadaanku tetap seperti ini”. Tapi saat UC itulah awal dimulainya hidup baru bagi Via. Tanpa disangka, tiba-tiba saat doa tantangan Ps. Jonatan mendapat pesan dari Roh Kudus untuk menyampaikan sesuatu untuk salah satu peserta yang hadir, Ps. Jonatan katakan “Saat ini, di tempat ini ada seorang wanita yang terkena Autoimun, dan kemanapun ia pergi ia harus membawa tabung oksigen.. dengar, yang manusia bilang itu tidak ada obatnya, itu akan Tuhan sembuhkan! KAMU SUDAH SEMBUH, TUHAN SUDAH SEMBUHKAN KAMU!” Lalu, tiba-tiba saja ia katakan “AMIN! ITU AKU, TUHAN! AKU SUDAH SEMBUH!” bahkan ia sampai terheran-heran, bagaimana tidak, ia tidak pernah cerita pada siapapun yang ada dalam UC tersebut, bahkan ia belum pernah bertemu dengan Ps. Jonatan, dan tiba-tiba Roh Kudus sampaikan hal itu melalui Ps. Jonatan. Dan singkat cerita, mulai dari detik itu Via sungguh-sungguh terima Great Miracle Kesembuhan dari Tuhan atas hidupnya! Via sembuh total!

Melalui kesaksian Via, kita sungguh dicelikkan oleh Tuhan, dimana saat kita hidup hanya karena melihat apa yang kelihatan secara mata jasmani saja, maka hanya seperti itulah jadinya hidup kita. Tapi saat kita sungguh-sungguh bisa melihat apa yang Tuhan sudah janjikan bagi kita, maka itulah yang akan Tuhan kerjakan dalam alam nyata kita. Firman hari ini mengingatkan kepada setiap kita, dan sekaligus membuka mata roh kita, dimana saat kita mau hidup karena percaya, dan bukan karena melihat, maka mujizat-Nya yang diluar pikiran manusia itu akan Tuhan kerjakan dan nyatakan atas hidup kita saat ini juga! Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Hidup dengan iman berarti MEMPERHATIKAN YANG TAK KELIHATAN, bukan yang kelihatan.

APLIKASI
1.    Sudahkah Anda hidup karena percaya pada janji Tuhan, dan bukan karena kondisi di sekitarmu?
2.    Hal apa sajakah yang menghambatmu untuk bisa melihat secara mata roh?
3.    Tuliskan komitmen apa yang akan Anda lakukan untuk bisa melihat janji Tuhan dalam hidupmu, sehingga janji Tuhan itu dinyatakan atas hidupmu!

DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang baik, terimakasih untuk firman-Mu hari ini. Beri kami pengurapan untuk kami bisa melihat secara roh apa yang tidak kelihatan oleh mata jasmani kami, ajar kami untuk bisa hidup karena percaya kepada Engkau, dan bukan karena melihat kondisi dan situasi di sekitar kami. Sehingga janji Tuhan itu terjadi atas hidup kami. Terimakasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin!