Hikmat Yang Berharga

BACAAN HARI INI
Amsal 8:1-36

RHEMA HARI INI
Amsal 8:11 Karena hikmat lebih berharga dari pada permata, apapun yang diinginkan orang, tidak dapat menyamainya.

Jika Anda pernah datang atau melihat konser musik akhir-akhir ini, Anda pasti tidak asing lagi dengan lampu-lampu kecil berbentuk batang berwarna-warni yang dibawa oleh sebagian besar fans yang hadir. Ada yang menyebutnya sebagai ‘lampu stik LED’, ada yang menyebutnya, ‘lampu fosfor’, dan yang paling umum digunakan adalah ‘Glow Stick.’ Glow Stick sudah ditemukan sejak tahun 1970-an oleh para penemu di Amerika Serikat, namun peredarannya baru melonjak beberapa tahun ini. Tahukah Anda apa penyebabnya ?

Awal mula Glow Stick menjadi pelengkap kemeriahan konser dimulai oleh ide cerdas seorang pengusaha asal Cina yang memproduksi Glow Stick dan berkeinginan untuk menjual ribuan produknya dalam waktu yang sangat singkat dengan biaya yang sangat murah. Terlintas di pikirannya untuk menjualnya pada saat konser musik. Namun, jika dia membuka dagangannya di lokasi konser, dia harus mengeluarkan biaya tambahan yang besar untuk menyewa tempat.

Dengan biaya sewa tempat yang mahal dan kemungkinan rugi karena tidak laku, ia mengurungkan niatnya. Akhirnya, pengusaha Glow Stick ini memperoleh ide yang brilian. Ia menjual produknya lewat para pedagang asongan dan anak-anak jalanan yang selalu ada di dalam lokasi konser. Mereka menggunakan Glow Stick untuk menyemangati band yang sedang tampil di panggung. Hal itu menarik minat fans yang lainnya untuk ikut menggunakan Glow Stick. Para fans yang ingin melambai-lambaikan Glow Stick bisa membeli ke para pedangang asongan dan anak-anak jalanan yang membawanya. Anak-anak jalanan dan pedagang asongan mendapat komisi dari hasil penjualan Glow Stick. Selain mendapat keuntungan dari penjualan produk, pengusaha ini juga secara otomatis menghemat biaya operasional dan pemasaran. Dalam waktu beberapa jam saja, seluruh Glow Stick yang ia sediakan habis terjual dan permintaan pasar naik. Sampai hari ini, kita masih menjumpai Glow Stick menjadi atribut yang wajib dibawa di berbagai konser, terutama konser-konser dari para penyanyi Asia.

Dalam dunia bisnis, ide-ide cemerlang bisa menghasilkan pelipatgandaan keuntungan yang super besar. Punya modal saja tidak cukup membuat Anda sukses dengan luar biasa. Untuk itulah kita memerlukan hikmat. Raja Salomo dalam Amsalnya mengatakan bahwa ‘hikmat lebih berharga daripada permata, apapun yang diinginkan orang tidak dapat menyamainya’ (Amsal 8:11). Jika Anda ingin melewati masa krisis dengan baik, yang Anda butuhkan bukanlah modal yang besar; yang Anda butuhkan adalah hikmat. Dengan hikmat, Anda akan memperoleh pengertian, ide-ide cemerlang, dan hal-hal yang Anda butuhkan untuk menciptakan keajaiban di masa penuh tekanan. Bagaimanakah kita bisa memperoleh hikmat? Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian (Amsal 9:10).

Orang yang tidak mengenal Tuhan bisa saja memiliki kemampuan untuk menciptakan ide yang super hebat, tapi ingatlah bahwa hikmat senantiasa berasal dari Tuhan. Hikmat yang Tuhan sediakan bagi kita jauh lebih dahsyat dari setiap ide yang dimiliki oleh orang yang tidak mengenal Tuhan. Hiduplah takut akan Tuhan dan mintalah Ia untuk memperlengkapi Anda dengan hikmat Ilahi sehingga apapun yang Anda kerjakan menjadi berhasil dan Tuhan dipermuliakan lewat hidup Anda.

RENUNGAN
Hikmat LEBIH BERHARGA daripada semua harta di dunia.

APLIKASI
Hikmat apa saja yang Tuhan sudah singkapkan bagi Anda hingga hari ini sehingga Anda beroleh jalan keluar atas masalah yang pernah Anda alami ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang baik, kami percaya bahwa Engkau adalah Pemilik segala hikmat yang ada di dunia. Jadikanlah anak-anakMu ini sebagai pribadi-pribadi yang dilimpahi dengan hikmat dan pengertian Ilahi sehingga apapun yang kami lakukan berhasil dan Nama-Mu dipermuliakan sekalipun krisis sedang melanda. Terimakasih ya Bapa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Bilangan 18-20