Hikmat Yang Mendatangkan Kekayaan

BACAAN HARI INI
Yakobus 1:2-8

RHEMA HARI INI
Yakobus 1:5 Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, — yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit —, maka hal itu akan diberikan kepadanya.

Manusia paling berhikmat yang pernah hidup di muka bumi adalah Salomo, dari dia kita bisa belajar tentang bisnis. Bagaimana memperlakukan rekan usaha kita agar hubungan berjalan dengan baik dan langgeng. Dalam 1 Raja-raja pasal 5, kita dapat melihat bagaimana Salomo menjalin kerjasama dengan Hiram, raja Tirus, yang adalah sahabat lama Daud. Untuk membangun bait Allah termegah, Salomo membutuhkan kayu-kayu terbaik dari pohon aras yang tumbuh di Libanon, di daerah kekuasaan Hiram. Di ayat 6, Salomo memerintahkan hamba-hambanya untuk membantu hamba-hamba Hiram menebang pohon. Dan berapapun upah yang diminta Hiram untuk hamba-hambanya Salomo tidak menawar, sebab ia tahu merekalah ahlinya.

Kita dapat melihat, bagaimana cara Salomo memberikan win-win solusion bagi Hiram. Salomo yang sebenarnya membayar untuk harga pohon atau membelinya, bukan tipe orang yang mau tahu semua beres saja karena merasa sudah membayar. Tapi ia mau turun tangan, ikut membantu pekerjaan Hiram agar semua berjalan lancar dengan mengirimkan hamba-hambanya. Dengan demikian Hiram sangat senang dan menaruh hormat pada Salomo sebagai rekan bisnis yang sangat fair. Bukan saja Hiram pun jadi berusaha memberikan yang terbaik, tapi juga kerjasama mereka terjalin dengan kuat tahun demi tahun (ayat 11-12)

Bukan hanya dari Salomo, dari rasul Paulus pun kita dapat belajar cara memenangkan negoisasi saat ia meminta Filemon menerima kembali Onesimus (Filemon 1). Jika kita mau baik-baik menggali firman Tuhan, kita akan menemukan banyak hikmat yang memberi kita kekuatan atau nilai lebih untuk mendatangkan kekayaan. Jadi tidak usah berkecil hati jika kita merasa tidak punya cukup modal atau kemampuan, kejarlah Tuhan dan gali firman-Nya. Ini saatnya Yesaya 60 digenapi, yang paling kecil akan menjadi kaum yang kuat. Jadi BANGKIT! Dan mulailah BEKERJA dengan hikmat Tuhan.

RENUNGAN
KEJARLAH TUHAN dan GALI FIRMAN-NYA, maka kita akan menemukan HIKMAT yang mendatangkan KEKAYAAN.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah menggali firman Tuhan untuk mendapatkan hikmat? Apa yang Anda dapatkan?
2. Apa pengaruhnya dalam pekerjaan Anda saat Anda mendapat hikmat dari firman Tuhan?
3. Jika Anda belum mendapat hikmat, apa komitmen Anda agar bisa mendapatkannya?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, sungguh firman-Mu ajaib. Apapun yang kami butuhkan sudah tersedia di dalam firman-Mu. Berikan kami hikmat ya Tuhan, agar kami bisa bekerja dengan cara-Mu. Kami tahu Engkau memberikannya dengan murah hati kepada yang memintanya. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.