Hujan Pertobatan Melalui Doa Puasa

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

yeh43-45

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

Renungan Keluarga Allah | Minggu, 16 April 2017

BACAAN HARI INI

Yunus 3:1-10

RHEMA HARI INI

Yunus 3:5 Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mereka mengumumkan puasa dan mereka, baik orang dewasa maupun anak-anak, mengenakan kain kabung.

Dari sejak lama, Allah merindukan pertobatan dunia ini. Panggilan untuk menjadi terang yang mempertobatkan bangsa-bangsa bukan hanya diberikan sesaat sebelum Yesus naik ke sorga. Lama sebelumnya, peran itu telah diberikan kepada Abraham dan kemudian diwariskan kepada bangsa Israel. Kini, peran tersebut diberikan kepada setiap anak-anak-Nya. Kepada kita. Ya, meski dunia ini layak mendapatkan malapetaka, tetapi karena keluasan kasih-Nya, Tuhan ingin memberikan kesempatan kepada siapa pun yang mau berbalik dari tingkah lakunya yang jahat.

Kemurahan Tuhan ini dapat kita lihat dalam kisah Yunus dan kota Niniwe. Dari sikap Yunus yang semula menolak untuk menyampaikan peringatan Tuhan kepada penduduk kota tersebut, kita dapat melihat bahwa Yunus merasa mereka tidak layak untuk bertobat. Namun kerinduan Tuhan lebih besar daripada pendapat pribadi Yunus. Dengan cara-Nya yang ajaib, Dia membuat Yunus tidak bisa lagi mengelak dari panggilan-Nya. Saat mendengarkan pesan Tuhan melalui Yunus, orang-orang Niniwe ketakutan dan raja mereka memerintahkan agar semua manusia dan hewan haruslah berpuasa dan mencari Tuhan. Melihat mereka yang merendahkan diri dan berbalik dari kesalahannya, Tuhan pun mencurahkan pengampunan-Nya atas Niniwe. Sehingga seluruh penduduknya dapat mengenal kasih Tuhan.

Bukan hanya Niniwe yang dapat mengalami kebangunan rohani besar. Tuhan juga merindukan hujan pertobatan itu terjadi di setiap sudut dunia ini. Termasuk Indonesia. Jika kita mengasihi Tuhan, sudah sewajarnya kita memperhatikan apa yang menjadi kerinduan terbesarnya atas bangsa kita. Mungkin kita merasa bahwa kekuatan kita sangatlah kecil untuk dapat menggerakkan pertobatan sebesar itu. Namun, seperti bangsa Niniwe yang bersatu hati mencari Tuhan, ketika kita semua mau bersama-sama dengan saudara seiman berdoa puasa, maka kesatuan hati kita akan menarik kuasa Tuhan untuk mengadakan kegerakan rohani atas Indonesia. Bagaimanapun, Dialah yang telah memanggil kita untuk menjadi terang bagi orang-orang yang tinggal dalam kegelapan. (MV.L)

RENUNGAN

DOA PUASA dapat mendatangkan HUJAN PERTOBATAN besar-besaran, termasuk di bumi INDONESIA ini

APLIKASI

  1. Seberapa besar kerinduan Anda untuk melihat kegerakan rohani atas Indonesia?
  2. Sudahkah Anda mendoakan agar hal itu terjadi?
  3. Dengan cara apa Anda dapat menggerakkan hati Tuhan untuk mendatangkan hujan pertobatan?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, kami juga rindu untuk melihat hujan pertobatan terjadi atas bangsa kami. Persatukan hati kami dalam tujuan-Mu, ya, Bapa, agar kami dapat melakukan kehendak-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”