HUKUM TABUR TUAI TERUS ADA SEPANJANG MASA

RHEMA HARI INI

Kejadian 8:22 Selama bumi masih ada, takkan berhenti-henti musim menabur dan menuai, dingin dan panas, kemarau dan hujan, siang dan malam.”

Untuk membiayai pendidikannya, Howard Kelly harus menjual barang dari pintu ke pintu. Suatu hari karena sangat kelaparan, ia memutuskan meminta sesuatu untuk dimakan ketika ia mengetuk pintu di rumah berikutnya. Seorang wanita muda cantik membuka pintu, dan Kelly kehilangan keberaniannya. Akhirnya ia hanya meminta segelas air putih karena terlalu malu untuk meminta makanan. Wanita itu membawakannya segelas susu yang diminumnya dengan lahap. Kelly lantas bertanya, berapa banyak ia berhutang. Wanita tersebut berkata bahwa ibunya mengajarinya melakukan itu, dan ia tidak pernah mengharapkan imbalan apapun. Waktu pun berlalu, Howard Kelly telah menjadi seorang dokter bedah terkenal ketika seorang wanita datang berkonsultasi untuk penyakit langka yang dideritanya. Ketika wanita itu menyebutkan nama kota kecil dimana ia tinggal, Dr. Kelly tersadar bahwa ia sedang melayani wanita yang dulu memberinya segelas susu. Dr. Kelly mengerahkan segenap perhatiannya dan memastikan bahwa wanita tersebut mendapatkan perhatian khusus. Setelah cukup lama dirawat di Rumah Sakit, wanita itu akhirnya mendapatkan kembali kesehatannya dan siap pulang ke rumah. Wanita itu merasa bahwa ia akan mendapatkan tagihan yang sangat besar. Namun ketika ia menerima tagihan, ia mendapatkan bahwa Dr. Kelly telah membayar seluruh biaya perawatannya disertai catatan kecil, “Sudah dibayar lunas dengan segelas susu.”

Dalam Perjanjian Lama, Ishak mengalami tuaian yang tidak biasa ketika ia taat pada perintah Tuhan untuk menabur meskipun sedang berada di waktu yang sukar. Ishak mendapatkan tuaian yang luar biasa, 100 kali lipat. Dan tuaian itu adalah berkat yang membuat Ishak bukan hanya kecukupan, tetapi berkelimpahan. Alkitab mencatat, Ishak menjadi kaya, bahkan kian lama kian kaya, sehingga ia menjadi sangat kaya (Kejadian 26:12-14) Sama seperti yang dialami oleh wanita dalam kisah di atas. Dengan taburan segelas susu, ia beroleh tuaian luar biasa, yaitu kesembuhan dari penyakit langka dengan perawatan terbaik tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Hukum tabur tuai terus ada di sepanjang masa, baik di Perjanjian Lama (Kejadian 8:22) maupun di Perjanjian Baru, dimana Rasul Paulus membagikan Rahasia Kristus, Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga (2 Korintus 9:6). Tetaplah menabur sekalipun di masa yang sukar, sebab hukum tabur tuai tidak pernah gagal. Terlebih Tuhan telah berjanji akan ada Tuaian yang Tidak Biasa bagi kita. Seluruh dunia boleh mengalami krisis, tetapi bersama Tuhan kita mengalami kemenangan besar.

RENUNGAN

HUKUM TABUR TUAI terus ada SEPANJANG MASA, baik di Perjanjian Lama maupun di Perjanjian Baru.

APLIKASI

1. Apa yang Anda pahami tentang hukum tabur tuai?
2. Pengalaman apa yang Anda miliki tentang hukum tabur tuai ini?
3. Apa yang harus Anda lakukan agar Anda bisa memperoleh Tuaian Yang Tidak Biasa tahun ini?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, terimakasih Engkau telah mengajari kami tentang rahasia hukum tabur tuai. Walaupun sekarang kami sedang berada di masa sulit, tetapi seperti Ishak kami mau taat dan tetap menabur. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!