IDENTITAS BARU SEBAGAI MURID KRISTUS [MALAM]

BACAAN HARI INI

Lukas 5:1-11

RHEMA HARI INI

Lukas 5:10 demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: “Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia.”

Identitas adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai manusia. Secara hukum, tanpa identitas, kita seolah-olah tidak pernah ada di dunia ini. Dan tanpa identitas, akan menyulitkan kita untuk berhubungan dengan sesama. Identitas atau jati diri adalah kesadaran seseorang akan siapa dirinya dan itulah yang membedakannya dengan orang lain. Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus yang menjadi teman Simon, merupakan murid-murid pertama yang dipanggil oleh Yesus. Mereka dikenal sebagai penjala-penjala ikan atau nelayan. Ketika Yesus berjalan-jalan di tepi danau Galilea, Yesus melihat mereka dan memanggil mereka untuk mengikut Dia. Sejak itulah identitas mereka berubah bukan lagi menjadi penjala ikan, tetapi menjadi PENJALA MANUSIA, PENJALA JIWA.

Begitupun dengan kita, ketika Tuhan memilih dan memanggil kita menjadi seorang Kristen, saat itulah kita menjadi pengikut Kristus. Ketika kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, otomatis identitas kita berubah. Mungkin saat ini kita merasa kita bukan siapa-siapa, bahkan mungkin dipandang remeh atau sebelah mata. Kita bertanya-tanya, apakah hidup kita ini ada artinya, apa yang akan dikenang orang kelak dalam kehidupan kita? Siapapun kita dan apapun keadaan kita sekarang ini, panggilan Tuhan tetap sama, “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.”

Ini adalah kesempatan emas yang tidak boleh kita sia-siakan. Panggilan yang akan merubah hidup kita selamanya, panggilan yang akan memberi kita IDENTITAS BARU. Hidup lama kita akan diganti dengan hidup baru yang penuh makna dan tujuan yang mulia. Melalui hidup kita, akan ada banyak jiwa-jiwa yang dijala, dijangkau, dimenangkan, dipertobatkan dan diselamatkan! Inilah hidup yang berguna dan berdampak bagi sesama dan juga bagi Kerajaan Allah. Sehingga hidup yang hanya sekali dan sangat singkat ini, bukan hanya sekedar hidup, namun mempunyai arti dan meninggalkan warisan rohani yang sangat bernilai. Terimalah anugerah dan rencana Tuhan atas hidup kita sebagai PENJALA JIWA, dimulai dari keluarga dan teman-teman kita, sampai nanti pada akhirnya sebanyak mungkin orang dapat mengenal Kristus dan menerima keselamatan melalui hidup kita. (PF)

RENUNGAN

IDENTITAS BARU kita sebagai murid Kristus adalah PENJALA JIWA.

APLIKASI

1. Sebagai apa identitas yang Anda jalani dan dikenal orang selama ini?
2. Sudahkah identitas itu memuaskan hati Anda? Atau Anda menginginkan suatu identitas baru yang lebih mulia dan berharga?
3. Apakah Anda menerima identitas baru Anda sebagai penjala jiwa bagi Tuhan dan bagaimana Anda akan mulai menghidupinya?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, sungguh kami ini merasa sangat berharga di mata-Mu. Tak peduli siapa dan apa masa lalu kami, Engkau telah memberi kami identitas yang baru dalam kerajaan-Mu. Teguhkan dan beri kami kemampuan untuk menjadi penjala-penjala jiwa yang handal dan berhasil dalam kehidupan kami saat ini. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.