Imajinasikan Terus-Menerus

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 25 September 2016

BACAAN HARI INI

Kejadian 30:25-43

RHEMA HARI INI

Kejadian 30:41 Dan setiap kali, apabila berkelamin kambing domba yang kuat, maka Yakub meletakkan dahan-dahan itu ke dalam palungan di depan mata kambing domba itu, supaya berkelamin dekat dahan-dahan itu.

Ada sebuah kesaksian dari seorang ibu yang menderita sakit kanker. Karena sakitnya itu, dia diharuskan menjalani berbagai macam terapi yang tentu saja memberikan efek samping yang buruk bagi ibu itu. Badannya semakin kurus, kulitnya bertambah keriput, rambutnya rontok, dll. Walaupun begitu, ibu itu sangat bersemangat untuk sembuh dan terus berjuang. Dia menjalani terapi dengan dokter, berdoa, melakukan konseling, dan masih banyak lagi. Satu hal yang menarik yang dilakukan oleh ibu itu adalah dia selalu membawa foto dirinya saat masih sehat. Rambutnya masih tergerai panjang, kulitnya putih dan belum berkeriput. Dia selalu memandang foto itu sambil berkata: “Itu saya. Saya sehat, menarik dan cantik. Saya akan segera menjadi seperti itu kembali.” Dan oleh anugrah Tuhan, ibu itu benar-benar disembuhkan. Foto dirinya di dalam gambar itu benar-benar menjadi kenyataan. Ibu itu kembali sehat, segar dan cantik seperti sedia kala! Kesembuhan yang dialami oleh ibu itu mungkin bukan mutlak karena dia melihat fotonya kala masih sehat. Tetapi hal itu menjadi salah satu faktor pemicu bagaimana dia melihat keadaan dirinya kembali seperti sedia kala.

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk visual. Artinya, otak manusia jauh lebih banyak menyimpan ingatan melalui indra penglihatan. Apa yang dilihat manusia jauh lebih bisa tersimpan dengan baik dan lebih permanen dibandingkan informasi yang diterima melalui indra yang lainnya. Coba Anda ingat-ingat, pernahkah Anda bertemu seseorang dan Anda merasa mengingat wajahnya tetapi Anda lupa siapa namanya dan kapan pernah bertemu dengannya. Hal itu menunjukkan bahwa indra penglihatan memang jauh lebih mendominasi seseorang. Dan bacaan hari ini tentang kambing domba Laban yang melahirkan anak-anak berbintik HANYA KARENA kambing domba itu berkelamin dengan terus melihat dahan yang berbintik menyadarkan kita semua bahwa APA YANG KITA LIHAT TERNYATA MENENTUKAN APA YANG AKAN TERJADI DALAM HIDUP KITA.

Dan yang menjadi masalah adalah, hal apakah yang dilihat oleh mata Anda selama ini? Gambaran apa yang muncul dalam mata rohani Anda tentang kehidupan Anda? Apakah hal yang buruk ataukah hal baik yang menjadi visi dan impian Anda? Jika yang Anda lihat adalah kegagalan, bisnis yang mandeg, kehancuran pernikahan, sudah dapat dipastikan hal itulah yang akan benar-benar terjadi dalam hidup Anda. Mungkin memang kenyataannya seperti itu. Tapi Anda jangan lupa, ada satu hal luar biasa yang Anda miliki yang harus Anda pakai, yaitu MATA ROHANI ANDA! Apa yang Anda lihat dengan mata rohani Anda akan menjadi kenyataan jika hal itu yang Anda ijinkan menguasai penglihatan Anda. Jangan menyerah dengan keadaan sekarang ini. Teruslah lihat visi dan impian yang Tuhan taruh untuk masa depan Anda. Percayalah bahwa hal itu akan menjadi kenyataan jika Anda terus melihatnya dengan mata roh dan iman kepada Tuhan.

RENUNGAN

IMAJINASIKAN visi dan impian secara konsisten.

APLIKASI

  1. Visualisasikanlah visi hidup Anda, sesuatu yang sedang Anda perjuangkan kemudian taruhlah gambar-gambar itu ditempat yang Anda sering lihat supaya mata Anda bisa melihatnya selalu!
  2. Doakan dan tulis komitmen Anda untuk terus melangkah dalam visi itu!

DOA UNTUK HARI INI

“Terimakasih Tuhan karena Engkau Allah yang tidak terbatas, mmberiku visi yang juga tidak terbatas. Bukalah mata rohaniku supaya aku bisa melihat hal itu SUDAH DIGENAPI dalam hidupku. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami sudah berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Imamat 22-23