Iman Bukan Hanya Percaya, Tapi Bertindak!

BACAAN HARI INI
Yakobus 2:14-26

RHEMA HARI INI
Yakobus 2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar kisah tentang seorang nelayan yang terombang-ambing di tengah lautan. Nelayan tersebut diperkirakan telah hilang di laut, tenggelam karena suatu badai. Tapi ternyata ia berhasil diselamatkan oleh sebuah kapal. Seorang wartawan mewawancarai nelayan itu, “Apakah Anda ketakutan di luar sana? Sendirian, dingin dan basah?” tanya si wartawan. “Ya,” jawab si nelayan. “Apa yang Anda lakukan di laut selama berjam-jam yang menakutkan itu?”. “Berdoa” jawab nelayan itu. “Berdoa? Anda berdoa apa?” kejar sang wartawan. “Tentu saja mendoakan apa yang bisa saya doakan. Jika memang Tuhan memberikan saya kesempatan untuk hidup maka saya pasti selamat, kalau pun tidak saya tetap bersyukur.” Wartawan kembali bertanya,“Dan Anda percaya Tuhan akan menyelamatkan Anda?”. “Ya!” jawab nelayan dengan tegas. “Oh, kenyataannya Tuhan memang menyelamatkan Anda. O ya, apakah Anda hanya berdoa?” tanya wartawan itu lagi. Si nelayan yang sudah merasa bosan pun menjawab, “Hanya orang bodoh yang hanya berdoa tanpa berusaha. Tentu saja saya berteriak-teriak, memanfaatkan barang-barang yang masih tersisa di perahu untuk menarik perhatian kapal yang lewat. Kalau saya hanya mendoakan apa yang sebenarnya bisa saya lakukan tapi tidak berusaha melakukan apa yang saya doakan, mungkin saya tidak akan berada di sini sekarang.”

Ya, IMAN BUKAN HANYA TENTANG PERCAYA, TAPI TINDAKAN. Salah satu tipu daya terbesar yang berhasil Iblis tanamkan dalam pemikiran orang Kristen adalah, Yang penting berserah pada Tuhan, tidak perlu bekerja keras, pasti kita akan dipelihara Tuhan. Akibatnya, banyak orang Kristen menjadi malas setelah menjadi Kristen, atau minimal banyak yang mengurangi kerja kerasnya setelah menjadi orang Kristen.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kepada setiap kita bahwa, IMAN TANPA PERBUATAN ITU ADALAH MATI atau sia-sia. Tuhan tidak suka dengan orang yang malas, IA tidak suka dengan orang yang tidak sungguh-sungguh bekerja. Ingatlah bahwa BEKERJA ADALAH SALAH SATU BAGIAN TERPENTING DALAM PERJANJIAN BERKAT ALLAH. Allah hanya mau memberkati orang yang rajin bekerja. Itu sebabnya Allah sendiri menjadi teladan bagi kita dengan terus-menerus aktif bekerja sampai dengan detik ini.

RENUNGAN
Bukan hanya BANGKIT DALAM ROH atau IMAN, kita juga harus BANGKIT SECARA JASMANI untuk BEKERJA dan BERKARYA.

APLIKASI
1. Mengapa Tuhan ingin kita bangkit dan bekerja dengan rajin?
2. Apakah yang menjadi penghalang Anda untuk berkarya lebih dan lebih lagi?
3. Tuliskan komitmen Anda untuk meresponi pesan firman Tuhan hari ini untuk bangkit bekerja dan berkarya lebih lagi!

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terimakasih untuk pesan firman-Mu hari ini. Sungguh sangat menguatkan dan membangkitkan roh kami untuk kami bisa bangkit bekerja dan berkarya lebih lagi, sehingga tujuan dan perjanjian berkat Tuhan itu segera dinyatakan atas seluruh aspek hidup kami. Terimakasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa, Amin.