Iman Dikobarkan Dalam Doa

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 17 Agustus 2016

BACAAN HARI INI

Filipi 4:2-9

RHEMA HARI INI

Filipi 4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Tuhan ingin Anda mempercayainya setiap hari. Doa Bapa Kami menyatakan: “Berilah kepada kami hari ini makanan kami yang secukupnya…” bukan ‘makanan untuk satu minggu,’ bukan ‘makanan untuk satu bulan,’ bukan ‘makanan untuk satu tahun.’ Tetapi makanan untuk hari ini.

Ayat bacaan kita hari ini menunjukkan kepada kita tiga hal yang perlu kita lakukan supaya kita bisa mempercayai Tuhan setiap hari. Yang pertama: jangan kuatir akan apapun. Mengapa kita tidak boleh kuatir? Itu bukan hanya sebuah kebiasaan yang buruk saja, tetapi kekuatiran bisa menimbulkan dosa di dalam hidup kita. Tuhan adalah Tuhan yang setia dengan janji-Nya dan Anda bisa mempercayai bahwa DIA akan memelihara hidup Anda setiap hari. Yang kedua, berdoalah untuk segala hal. Mengapa? Sebab doa bisa mengubah segalanya. Dalam doa akan timbul iman di dalam hati kita. Iman yang mempercayai bahwa semuanya ada di dalam kontrol Tuhan yang sangat mengasihi kita. Tuhan yang sudah memberikan Anak-Nya yang tunggal untuk mati bagi kita dan menyelesaikan masalah kita yang terbesar. Kalau masalah kita yang terbesar saja DIA tolong, mana mungkin DIA tidak menolong kita untuk masalah-masalah kita yang lain? Yang ketiga, apapun yang terjadi, ucapkanlah syukur. Kita memang tidak perlu mengucap syukur karena hal-hal buruk yang terjadi dalam hidup kita. Kita memang tidak perlu mengucap syukur untuk kejahatan. Tetapi Tuhan berkata supaya kita mengucap syukur dalam segala hal. Mengapa? Sebab dalam hal-hal buruk yang terjadi dalam hidup kita, kita percaya bahwa Tuhan pasti menolong, Tuhan pasti memelihara, Tuhan pasti memberikan jalan keluar.

Dimana kita bisa menemukan iman yang tidak kuatir, menyerahkan segala sesuatunya kepada Tuhan, dan bisa mengucap syukur dalam segala hal? Apakah kita mendapatkannya ketika kita menonton film? Pasti tidak. Atau saat kita melihat televisi? Tentu saja tidak mungkin! Kita akan menemukan kekuatan iman hanya ketika kita datang kepada Tuhan dalam doa, penyembahan dan Firman. Saat itulah iman kita dikobarkan, kepercayaan kita dikuatkan, sehingga kita keluar sebagai orang yang teguh, kokoh dan berkemenangan. Sebab siapa yang membangun kesendirian dengan Tuhan, tidak akan pernah hidup sendirian karena ada Allah Imanuel yang akan terus menyertainya dan memberikan kemenangan demi kemenangan dalam hidupnya.

RENUNGAN

Iman DIKOBARKAN ketika kita datang kepada Tuhan dalam DOA.

APLIKASI

  1. Bagaimana Anda membangun kehidupan doa Anda selama ini?
  2. Dampak apa yang Anda rasakan ketika Anda membangun kehidupan doa Anda dengan baik?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, Engkaulah sumber segalanya. Engkaulah sumber kekuatan kami, Engkaulah sumber pengharapan kami, Engkaulah sumber sukacita dan damai sejahtera kami. Biarlah hidup kami terus melekat kepada-MU sehingga kami terus dialiri segala anugerah surgawi yang tersedia di dalam Engkau. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Ayub 32-34