Iman Memastikan Jawaban Doa

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 01 Juni 2016

BACAAN HARI INI

Markus 11:20-26

RHEMA HARI INI

Markus 11:24 Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

Seorang remaja laki-laki bernama Dani sangatlah ingin mengenyam pendidikan tinggi. Sayangnya keadaan keuangan keluarga Dani kurang mendukung untuk membiayai kuliah Dani. Ayah Dani adalah seorang pedagang kecil yang penghasilannya hanya cukup untuk kebutuhan makan keluarga sehari-hari. Ibu Dani adalah ibu rumah tangga biasa yang sibuk mengurus 5 orang anaknya. Keadaan ini tidak membuat Dani putus asa. Dani tetap belajar dengan penuh semangat. Dani juga berdoa setiap malam supaya Tuhan membuka jalan untuk Dani kuliah di perguruan tinggi.

Tuhan menjawab doa Dani dengan cara yang luar biasa. Satu hari menjelang penutupan pendaftaran, dagangan Ayah Dani laris sehingga Dani bisa membeli dan mengisi formulir pendaftaran. Saat Dani kebingungan bagaimana mencapai lokasi ujian pada hari ujian, seorang teman gereja Dani menawarkan untuk mengantar Dani ke lokasi ujian. Dani berhasil lulus ujian dan masuk perguruan tinggi yang ia idam-idamkan. Ia bahkan berhasil lulus kuliah dengan nilai yang baik. Apa yang tadinya kelihatan mustahil di mata orang lain, Tuhan lakukan buat Dani. Dani mempunyai iman bahwa Tuhan pasti menjawab doa Dani karena Dani meminta sesuatu yang baik, sesuai dengan kehendakNya.

Keadaan yang sulit atau masalah yang besar kadangkala membuat kita ragu apakah kita sanggup keluar dari keadaan atau masalah tersebut. Kita cenderung berpikir “di dalam kotak” masalah kita dan berputar-putar di dalam. Kita cenderung mengandalkan kekuatan kita. Padahal hal termudah yang seharusnya kita lakukan adalah berlutut dan berdoa kepada Tuhan supaya Tuhan mengulurkan tanganNya dan membawa kita keluar dari kotak masalah tersebut.

Keselamatan kita, kesembuhan kita, kesejahteraan kita, keadaan mental dan spiritual kita yang sehat adalah kehendak Tuhan untuk kita, anak-anakNya. Jangan ragu ketika Anda berdoa. Berdoalah dan yakinlah bahwa Anda sudah menerimanya. Tuhan pasti mengabulkan doa Anda sebab dengan cara itulah Tuhan menyatakan kebesaran dan kemuliaanNya kepada Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

RENUNGAN

Iman adalah KEPASTIAN bahwa apa yang kita doakan itu sudah kita terima.

APLIKASI

  1. Apa yang menjadi keinginan Anda yang paling dalam? Sudahkah Anda membawa hal tersebut dalam doa kepada Tuhan?
  2. Ceritakan bagaimana Tuhan menjawab doa Anda dengan caraNya yang luar biasa!

DOA UNTUK HARI INI

Bapa di Sorga, terima kasih atas pemeliharaanMU atas kehidupan kami. Ajari kami, Bapa, untuk yakin dan percaya bahwa Engkau pasti menjawab setiap doa kami. Penuhi kami dengan RohMU, Bapa, supaya yang kami minta adalah sesuai dengan kehendakMU. Di dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yohanes 7-8