Iman Tidak Bisa Timbul Di Hati Yang Keras

BACAAN HARI INI
Mazmur 95:1-11

RHEMA HARI INI
Mazmur 95:7b-8 Pada hari ini, sekiranya kamu mendengar suara-Nya! Janganlah keraskan hatimu seperti di Meriba, seperti pada hari di Masa di padang gurun,

Ketika bangsa Israel sedang dalam perjalanan di padang gurun, sampailah mereka di suatu tempat persinggahan. Tapi mereka tidak menjumpai air untuk mereka minum. Karena kehausan, mereka mulai bersungut-sungut, bertengkar dan mencobai Tuhan. Dinamailah tempat itu Masa dan Meriba (Keluaran 17:3-7). Bangsa Israel yang tegar tengkuk, mengeraskan hatinya walaupun mereka sudah dengan jelas melihat karya Tuhan yang telah membawa mereka keluar dari perbudakan. Hanya karena tidak menemukan sumber air, mereka dengan mudah melupakan 10 tulah, laut terbelah, roti manna, tiang awan dan tiang api yang diadakan Tuhan bagi mereka. Mereka malah meragukan kuasa Tuhan dan mempertanyakan apakah sungguh Tuhan ada di tengah-tengah mereka.

Berapa banyak dari kita yang mengeraskan hati seperti bangsa Israel? Tuhan telah membawa kita keluar dari perbudakan dosa, lalu membawa kita melalui gurun pasir, yaitu ujian dan didikan Tuhan untuk membangun karakter kita. Saat kita diuji, kita jadi melupakan kebaikan-kebaikan Tuhan yang sebelumnya. Saat masalah datang, kita jadi menutup dan mengeraskan hati. Mendengar begitu banyak mujizat yang terjadi, kita jadi bersungut-sungut dan kecewa. Mengapa di gereja ini ada banyak mujizat tapi nyatanya kita belum menerima apa-apa. Kata firman, bilur-bilurNya telah menyembuhkan, nyatanya kita masih sakit. Kata firman, satu orang bertobat, seisi rumah diselamatkan, nyatanya keluarga kita masih menolak Tuhan. Perasaan dan sikap hati seperti inilah yang akan membunuh iman kita sampai tandas.

Ingatlah bahwa kita masih diberi hidup saja sudah merupakan anugerah yang luar biasa. Selagi masih ada nafas, selalu masih ada harapan dan kesempatan. Iman yang runtuh membuat kita tidak mendapat apa-apa. Jangan keraskan hati setiap kali kita mendengar firman Tuhan. Buka hati lebar-lebar, biarkan kuasa firman Tuhan yang hidup bekerja dalam hidup kita. Hancurkan dan taklukkan pembunuh iman agar iman kita terus bertumbuh sampai menjadi ledakan iman yang menyapu bersih setiap kemustahilan dan halangan dalam hidup kita. (PF)

RENUNGAN
Setiap kali kita mendengarkan firman Tuhan, JANGAN KERASKAN HATI kita, sehingga IMAN TIDAK BISA TIMBUL.

APLIKASI
1.    Bagaimana sikap Anda saat mendengar firman Tuhan? Bisakah Anda menerimanya dan percaya?
2.    Saat kita mendapat ujian, masihkah Anda bisa melihat kebaikan Tuhan dalam hidup Anda?
3.    Sebutkan kebaikan-kebaikan Tuhan dalam hidup Anda. Jika dibandingkan masalah Anda, manakah yang lebih banyak?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, ampunilah kami jika kami sempat meragukan Engkau dan mengeraskan hati pada firman-Mu. Beri kami tanah hati yang subur agar setiap benih firman yang ditabur dapat bertumbuh subur dan berbuah-buah lebat bagi kerajaan-Mu. Setiap penghalang dan pembunuh iman, kami hancurkan dalam nama Yesus. Ledakan iman terjadi, ledakan kuasa terjadi, ledakan mujizat terjadi. Dalam nama Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.