Iman Yang Kokoh Membawa Kita Menerima Mujizat

BACAAN HARI INI
Ibrani 11:1-40

RHEMA HARI INI
Ibrani 11:6 Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.

Sebagian orang mengira iman timbul karena mujizat, tetapi sebagian orang lain mengerti bahwa mujizat terjadi karena iman. Sebuah jemaat kecil di kaki bukit Great Smokies membangun sebuah tempat ibadah baru di atas sebidang tanah yang disumbangkan oleh seorang anggota gereja. Sepuluh hari sebelum gereja itu diresmikan, pengawas bangunan setempat memberitahu sang pendeta bahwa tempat parkir yang ada tidak cukup memadai untuk bangunan gereja sebesar itu. Jika tempat parkir tidak diperluas dua kali lipat, mereka tidak dapat menggunakan tempat ibadah yang baru itu. Sayangnya, setiap meter tanah itu telah habis terpakai untuk bangunan gereja, kecuali timbunan tanah yang menggunung di belakang bangunan itu. Untuk menambah tempat parkir, mereka harus memindahkan ‘gunung’ itu. Tanpa takut sedikit pun, pada Minggu pagi berikutnya pendeta itu mengumumkan bahwa sore itu ia akan mengadakan pertemuan dengan semua anggota gereja yang memiliki “iman yang memindahkan gunung.” Mereka akan mengadakan persekutuan doa dan memohon kepada Allah agar memindahkan gunung di belakang gereja itu, menyediakan dana untuk meratakan tanah, dan menyemennya sebelum kebaktian pembukaan diadakan pada minggu berikutnya. Pada waktu yang ditentukan, ada dua lusin dari 300 anggota jemaat berkumpul untuk berdoa. Mereka berdoa selama hampir tiga jam. Pada pukul sepuluh tepat, sang pendeta mengatakan ‘amin.’ “Kita akan mengadakan kebaktian pembukaan pada hari Minggu depan sesuai rencana,” ia meyakinkan setiap orang. “Allah tidak pernah mengecewakan kita sebelumnya, dan saya percaya Dia akan setia pada janji-Nya saat ini.” Pagi berikutnya, ketika ia sedang bekerja di kantor, terdengar ketukan keras di pintu. Ketika ia mempersilakan masuk, seorang mandor bangunan dengan penampilan kusut muncul sambil melepas helm proyeknya. “Maaf, Pak Pendeta. Saya dari Acme Construction Company yang sedang mengerjakan sebuah proyek di dekat sini. Kami sedang membangun sebuah pusat perbelanjaan baru dan besar di sana dan kami membutuhkan tanah untuk menimbun dasar bangunan.

Apakah Anda bersedia menjual kepada kami timbunan tanah yang ada dibelakang gereja Anda? Kami akan membayar tanah itu dan meratakan areal itu secara gratis, jika kami dapat memperolehnya sekarang juga. Kami tidak dapat mengerjakan hal yang lain sebelum mendapatkan tanah itu dan menimbunkannya di sana.” Gereja kecil itu diresmikan hari Minggu berikutnya sesuai rencana semula. Mujizat terjadi karena iman!

Keyakinan yang kokoh itulah yang Tuhan inginkan. Apapun masalah kita saat ini, pergumulan kita saat ini, yakinlah bahwa kita sudah menerima jawaban yang luarbiasa. Iman itu percaya sekalipun belum melihat. Ketika kita percaya bahwa kita sudah menerimanya maka kita akan benar-benar menerima jawaban dari doa dan iman kita. Tuhan punya seribu satu cara untuk menjawab apa yang kita minta. Kuncinya hanya satu, miliki keyakinan yang kokoh.

RENUNGAN
Miliki KEYAKINAN YANG KOKOH bahwa apa saja yang kita minta dan doakan, kita SUDAH MENERIMANYA, maka kita akan sungguh-sungguh menerimanya.

APLIKASI
1. Tulislah hal-hal apa yang sedang Anda pergumulkan saat ini dan milikilah iman yang kokoh bahwa Anda sudah menerimanya:

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami imani bahwa apa yang kami minta dan kami doakan didalamMu sudah kami terima. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yehezkiel 22-23
Yohanes 16