Iman Yang Menarik Kuasa Allah

BACAAN HARI INI
Matius 17:14-21

RHEMA HARI INI
Matius 17:20 Ia berkata kepada mereka: “Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, –maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Mengapa ya, dulu waktu awal-awal mengikut Yesus rasanya mudah sekali mendapat jawaban doa? Tapi sekarang kok malah harus lebih berjuang bila ingin doa-doa kita dijawab. Apakah pertanyaan ini tidak asing kedengarannya di telinga Anda? Bagi sebagian besar orang memang awal-awal bertobat, rasa cinta pada Tuhan, haus dan lapar, begitu menggebu-gebu. Hadirat Tuhan rasanya begitu mudah dirasakan dan mujizat mengalir begitu saja. Itu karena Tuhan tahu bagi kita tidak mudah untuk menaruh kepercayaan, apalagi iman, jika kita belum menyaksikan apa-apa. Inilah iman level dasar untuk orang yang baru percaya dan mengenal Yesus.

Tapi saat kita sudah makin mengenal Yesus, makin masuk lebih dalam lagi, iman kita harus bertumbuh menjadi iman next level. Sekalipun tidak melihat tetapi berani percaya. Banyak cerita Alkitab yang menunjukkan iman next level, diantaranya wanita yang 12 tahun mengalami pendarahan (Mar 5), seorang perwira di Kapernaum yang memintakan kesembuhan bagi hambanya (Luk 7) atau wanita Kanaan yang memohon kelepasan bagi anaknya yang kerasukan setan (Mat 15). Satu persamaan dari mereka yang menerima kesembuhan dari Tuhan Yesus, yaitu mereka mempunyai iman next level. Iman yang begitu besar karena mereka telah mendengar tentang Yesus dan apa yang sanggup Dia lakukan. Walaupun belum mengalami, belum melihat, tapi mereka berani percaya dan bertindak. Dan akhirnya kuasa Allah dinyatakan, mereka menerima mujizat yang luar biasa.

Bagi kita yang sudah lebih lama mengenal Tuhan Yesus dan percaya pada kuasa kebangkitan-Nya yang telah menebus kita, sudah seharusnya kita juga percaya pada janji-janji Tuhan atas hidup kita. Sekalipun mata jasmani kita belum melihat, tapi jika kita tetap percaya, Roh Kudus akan menolong kita melihat dengan mata roh kita. Sekalipun belum melihat, tapi percayalah tahun 2019 ini adalah tahun mujizat besar, pintu-pintu sudah terbuka bagi kita, oleh bilur-bilur-Nya kita sudah sembuh. Kita adalah orang yang diberkati, kita adalah orang yang diurapi. Sekalipun keadaan sangat berkebalikan, percayalah Tuhan sudah memberikan mujizat super besar. Inilah iman next level, iman yang akan menarik kuasa Allah bekerja dengan dahsyat dalam hidup kita. (PF)

RENUNGAN
IMAN NEXT LEVEL adalah iman yang MENARIK KUASA ALLAH bekerja dengan dahsyat, sehingga MUJIZAT-MUJIZAT BESAR terjadi dalam hidup kita.

APLIKASI
1.    Bagaimana Anda akan menjelaskan siapa Tuhan Yesus bila ada yang menanyakannya?
2.    Apa yang sanggup Tuhan kerjakan dalam hidup Anda?
3.    Sudahkan Anda memahami seberapa besar Anda mengenal, sebesar itu pula kepercayaan atau iman Anda?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus kami ingin mengenal-Mu lebih dan lebih dalam lagi. Bawa kami masuk dalam pengalaman iman, supaya kami benar-benar mengerti arti iman yang sesungguhnya. Iman yang walau tidak melihat tapi berani percaya kepada-Mu. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.