Imanlah Yang Menentukan

BACAAN HARI INI
2 Korintus 5:1-10

RHEMA HARI INI
2 Korintus 5:7 —sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat—

Watchman Nee lahir pada tanggal 4 November 1903 di Foochow, tenggara Cina. Tanggal 29 April 1920, ia memperoleh kemenangan rohani, bertobat, dan mau mengikut Tuhan seumur hidupnya. Dan sesuai dengan tradisi bangsa Cina untuk memilih nama baru sesudah mengalami perubahan dalam hidupnya, ia mengganti namanya dari Henry Nee menjadi Nee To-Sheng (giring-giring penjaga) atau dalam bahasa Inggrisnya Watchman Nee. Tahun pertama dari sebelas tahun masa pelayanannya dimulai dengan deraan penyakit TBC yang parah (tahun 1922). Dokter bahkan telah memvonis bahwa ia hanya akan bertahan hidup selama enam bulan saja. Melihat kondisinya yang parah, teman-temannya membawanya ke tempat misi Barber agar memperoleh perawatan. Meskipun sedang sakit parah, ia tidak mau menyerah. Perlahan-lahan, ia berhasil menyelesaikan bukunya yang berjudul manusia rohani. Sakitnya kian bertambah parah, namun firman Tuhan di dalam 2 Korintus 1:24; “Dengan iman kamu berdiri teguh” dan Markus 9:23; “Tidak ada yang mustahil bagi Allah”, muncul dengan jelas dalam pikirannya. Ia lalu bangkit dari tempat tidurnya dan berjalan menuju rumah sahabatnya. Setiap langkah, ia berseru, “Berjalan dengan iman; berjalan dengan iman!” Saat itulah Tuhan menyembuhkannya secara ajaib. Selama pelayanannya, diperkirakan ada kurang lebih empat ratus gereja lokal yang dirintis dan didirikan olehnya.

Watchman Nee memiliki iman yang mantap kepada Tuhan sehingga sekalipun kenyataannya waktu itu ia sedang sakit parah namun karena imannya yang tetap teguh kepada Tuhan dan firman-Nya, maka ia bisa mengalami kesembuhan.

Banyak hal di dalam hidup kita sebenarnya bukan ditentukan oleh apa yang bisa kita lihat, dengar, atau rasakan dengan panca indera kita sekarang ini, tetapi ditentukan oleh iman kita. Ya memang apa yang kita lihat, dengar dan rasakan itu sangat mudah mempengaruhi pikiran dan hati kita, tetapi kalau kita terus-menerus mengisi pikiran dan hati kita dengan janji-janji Firman Tuhan, maka kita bisa membalikkan kenyataan kita sekarang dan menggantikannya dengan kebenaran Firman Tuhan. Firman Tuhan itulah kebenaran, dan kebenaran itulah yang harus terjadi dalam hidup kita sebagai anak-anak Allah. Kalau saat ini Anda sakit, imani bahwa oleh bilur Yesus Anda sudah disembuhkan!

Kalau saat ini Anda sedang kekurangan, imani bahwa Anda ditetapkan untuk diberkati dan menjadi berkat! Kalau saat ini pernikahan Anda di ambang kehancuran, imani bahwa apa yang sudah disatukan Tuhan tidak mungkin diceraikan oleh manusia! Apapun yang menjadi masalahmu hari ini, jangan mau menyerah pada kenyataan, sebaliknya pegang iman Anda kuat-kuat pada setiap janji Firman-Nya, maka pada waktunya nanti Anda akan melihat bahwa apa yang Anda imani pasti menjadi kenyataan! (ABU)

RENUNGAN
Kenyataan kita sekarang ini tidak menentukan kenyataan kita di depan nanti, IMAN KITALAH YANG MENENTUKAN!

APLIKASI
1. Menurut Anda, apa itu “IMAN “ ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami hanya mau pegang iman kami kepadaMu karena masa depan kami ditentukan iman kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yeremia 15-17
Yohanes 1:29-51