Impian Tuhan Dalam Hidup Kita

Renungan Keluarga Allah
Senin, 24 Oktober 2016

BACAAN HARI INI

2 Korintus 2:12-17

RHEMA HARI INI

2 Korintus 2:14 Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana.

Pernahkah Saudara membayangkan Taman Eden? Taman yang disediakan Tuhan untuk Adam dan Hawa? (Kejadian 1:8-9). Taman Eden ditumbuhi dengan berbagai pepohonan yang menarik dipandang mata dan buahnya baik untuk dimakan. Tuhan Allah sendiri yang menumbuhkan berbagai pepohonan tersebut dari dalam tanah. Tentu taman itu indah dan nyaman sekali untuk ditinggali.

Taman Eden melambangkan Kerajaan Allah. Setiap dari kita, orang percaya, sebenarnya adalah seperti pohon yang ditumbuhkan oleh Allah sendiri di Taman Eden. Setiap kita adalah seperti pohon yang menarik dipandang mata dan buahnya baik untuk dimakan. Sebagian pohon mungkin adalah pohon rambutan, sebagian adalah pohon jeruk, dan sebagian adalah pohon mangga. Apa pun jenis pohonnya, Tuhan Allah sendiri yang menciptakan dan menumbuhkan. Setiap pohon yang tumbuh, tentunya akan memperluas wilayah Taman Eden. Setiap buah yang dihasilkan, tentu menyenangkan hati Tuhan dan mempermuliakan nama-Nya, Tuhan Allah, Sang Pencipta.

Ketika kita mempunyai visi dan mimpi untuk diraih, janganlah ragu. Apa pun visi dan impian yang ada dalam benak kita, semua itu asalnya dari Tuhan. Tuhan berbicara kepada kita, tanpa kita sadari, melalui mimpi dan visi yang muncul dalam benak kita (Ayub 33:14-15). Visi dan mimpi inilah yang nantinya akan mengarahkan masa depan kita. Apakah kelak kita menjadi seorang dokter, insinyur, guru, pengusaha, pastor ataupun seorang ibu rumah tangga yang berhasil. Seperti pepohonan di Taman Eden, seperti itulah kita, orang percaya, ditentukan untuk memperluas kerajaan-Nya dan mempermuliakan nama-Nya melalui visi dan impian yang Tuhan taruh dalam hidup kita. Saat visi dan impian kita itu terwujud, impian Tuhan dalam hidup kita juga terwujud. Terus berdoa dan berjuang untuk meraih visi dan impian itu. Jangan menyerah sampai visi dan misi itu digenapi oleh Tuhan.

RENUNGAN

Apa pun IMPIAN yang Tuhan taruh dalam hidup kita, tujuannya satu, yaitu MEMPERLUAS KERAJAAN ALLAH dan MEMPERMULIAKAN NAMA-NYA

APLIKASI

  1. Apakah yang menjadi mimpi dan cita-cita Saudara?
  2. Sudahkah Saudara meminta bimbingan Roh Kudus untuk meraih mimpi dan cita-cita Saudara tersebut? Jika belum, lakukan!
  3. Langkah-langkah apa yang Roh Kudus bisikkan kepada Saudara untuk meraih mimpi dan cita-cita Saudara tersebut? Terus lakukan sampai Tuhan menggenapi!
  4. Saat mimpi dan cita-cita Saudara digenapi Tuhan, jangan lupa untuk menceritakan kehebatan dan kebaikan-Nya dalam hidup Saudara!

DOA UNTUK HARI INI

“Segala hormat, puji, syukur dan sembah hanya kepada-MU, Tuhan Allah, yang memimpin kami dalam jalan kemenangan-MU. Kami percaya bahwa Engkau memiliki impian dalam hidup kami. Mohon bimbingan dan kekuatan daripada-MU untuk mewujudkan impian tersebut. Kami percaya bahwa Engkau pasti menggenapi setiap visi dan mimpi yang Engkau taruh dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Ulangan 30-31