Indahnya Manifestasi Kehadiran Tuhan

BACAAN HARI INI
2 Tawarikh 7:1-3

RHEMA HARI INI
2 Tawarikh 7:2 Para imam tidak dapat memasuki rumah TUHAN itu, karena kemuliaan TUHAN memenuhi rumah TUHAN.

Tuhan memang Maha Hadir atau Omnipresent, dimanapun dan kapanpun, Dia ada dan hadir. Tapi ada saat-saat tertentu dimana kehadiran Tuhan dapat dirasakan dengan begitu nyata. Inilah yang dialami oleh Ibu Galuh, saat beliau mengikuti perjalanan ke Nigeria beberapa waktu yang lalu. Saat diajak berkunjung ke ruang doa Ps. EA Adeboye, tempat dimana setiap hari Ps. EA Adeboye berdoa berjam-jam dan membangun hubungan yang sangat dekat dengan Tuhan, ibu Galuh dan rombongan langsung tersungkur dan menangis. Mereka tidak tahan untuk tetap berdiri sebab hadirat Tuhan begitu kuat terasa, seakan Tuhan sendiri ada, berdiri dan hadir di ruang doa tersebut. Itulah kehadiran Tuhan yang dimanifestasikan.

Sama seperti ketika Salomo menyelesaikan pembangunan bait Allah dan Tuhan berkenan memanifestasikan kehadiran-Nya disana. Saat itu hadirat Tuhan begitu pekat sampai para imam tidak bisa memasuki bait Allah. Bisa kita bayangkan betapa dahsyatnya hadirat Tuhan yang dimanifestasikan. Beberapa dari kita pun pasti pernah mengalaminya. Mungkin dalam doa pribadi atau saat menaikkan pujian penyembahan di gereja. Tiba-tiba air mata kita mengalir. Atau perasaan damai sejahtera yang melebihi segala akal memenuhi hati kita. Dan saat itu kita tahu bahwa TUHAN BENAR-BENAR HADIR. Siapapun yang mengalaminya pasti akan memiliki sebuah pengalaman berharga yang mengubah hidupnya.

Kehadiran Tuhan yang nyata adalah salah satu manifestasi kemuliaan Tuhan. Itu adalah janji Tuhan bagi setiap kita yang mau membuka hati lebar-lebar dan mempersilakan Raja Kemuliaan masuk. Mari tanggapi janji itu dengan lebih sungguh membangun hubungan yang semakin dekat dan intim dengan Tuhan. Bisa melalui Pondok Daud, saat teduh pribadi, ibadah minggu ataupun komsel. Maka kita akan melihat dan merasakan bagaimana indah dan luar biasa jika kehadiran-Nya dimanifestasikan dalam hidup kita. Haleluya! (L.A.)

RENUNGAN
Salah satu MANIFESTASI KEMULIAAN TUHAN adalah HADIRAT TUHAN YANG BEGITU PEKAT.

APLIKASI
1. Apakah perbedaan antara Allah yang Maha Hadir dengan kehadiran-Nya yang dimanifestasikan secara nyata?
2. Pernahkah Anda mengalami manifestasi kehadiran-Nya?
3. Apa yang harus Anda lakukan supaya manifestasi kehadiran-Nya semakin nyata dalam hidup Anda ?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih atas kehadiran-Mu yang luar biasa di saat-saat tertentu dalam hidup kami. Terimakasih karena Engkau berkenan menyatakan kemuliaan-Mu. Kami percaya manifestasi kemuliaan-Mu itu akan semakin mengubah hidup kami, sehingga hidup kami semakin menjadi terang bagi lebih banyak jiwa-jiwa di luar sana. Didalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.