Ini Saatnya ! Kembangkan Karunia Anda !

BACAAN HARI INI
1 Korintus 12:1-11

RHEMA HARI INI
1 Korintus 12:11 “Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.”

Gagal dalam bisnis pada tahun 1831. Kalah di Badan Legislatif pada tahun 1832. Gagal sekali lagi dalam bisnis pada tahun 1833. Patah semangat pada tahun 1836. Gagal memenangkan kontes pembicara pada tahun 1838. Gagal menduduki kursi dewan pemilih pada tahun 1840. Gagal menjadi anggota Kongres pada tahun 1843 dan 1848. Gagal menjadi anggota Senat pada tahun 1855. Gagal menjadi Presiden pada tahun 1856. Gagal menjadi anggota Dewan Senat pada tahun 1858. AKHIRNYA, setelah mengalami banyak kegagalan, Abraham Lincoln terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat ke-16 pada tahun 1860.

Sebulan setelah Lincoln terpilih, perang saudara antar negara bagian di Utara dan Selatan Amerika Serikat pecah. Pada pertengahan perang saudara tersebut, Presiden Abraham Lincoln mengeluarkan Proklamasi Pembebasan yang mengubah hidup banyak orang. Proklamasi itu menyatakan bahwa semua budak yang dibeli di negara-negara bagian yang melawan Amerika Serikat akan bebas. Proklamasi itu menjadi pembakar semangat rakyat demi memperjuangkan kebebasan serta menjadi pemicu kearah penghapusan perbudakan di seluruh Amerika Serikat. “Ketika meninggalkan Springfield, aku memohon supaya mereka mendoakanku. Aku bukanlah orang Kristen saat itu. Ketika aku memakamkan anak lelakiku, sebuah cobaan berat dalam hidupku, aku bukanlah orang Kristen. Namun ketika aku pergi ke Gettysburg dan melihat makam ribuan tentara, disanalah aku mengabdikan diriku kepada Kristus,” adalah sepenggal kalimat dalam Proklamasi Pembebasan tersebut.

Anda tahu perbedaan karakter dan karunia? Karakter itu ibarat fondasi yang tertanam kuat di dasar, karunia ibarat bangunan indah yang menjulang tinggi. Coba Anda bayangkan, apa yang terjadi pada sebuah bangunan tinggi tanpa dasar yang kuat? Bangunan tersebut pasti runtuh, bukan? Bayangkan juga sebuah fondasi yang tertanam dengan kokoh namun tidak ada bangunannya, tidak ada fungsinya, bukan? Demikianlah orang yang hanya memiliki karunia tanpa karakter yang kuat, keberhasilannya tidak mungkin bertahan lama. Sebaliknya, orang yang punya karakter luar biasa namun tidak mempertajam karunianya, ia tidak akan dapat dipakai Tuhan melakukan hal-hal yang besar. Tuhan Yesus memberkati (ABU).

RENUNGAN
Ketika FONDASI KARAKTER Anda sudah TERTANAM KUAT, ini saatnya MENGEMBANGKAN KARUNIA menjadi bangunan indah yang MENJULANG TINGGI.

APLIKASI
1. Apakah fondasi karakter Anda sudah tertanam kuat ? Hal apa yang akan Anda lakukan setelah fondasi karakter Anda tertanam kuat  ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami akan terus menjaga fondasi karakter kami agar tetap kuat dan kami mau terus berjuang mengembangkan setiap karunia yang ada dalam diri kami
Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Raja-Raja 19-21
2 Korintus 1