Ini Waktunya Untuk Bangkit Dan Maju [RESIKA]

BACAAN HARI INI

Yesaya 43:1-28

RHEMA HARI INI

Yesaya 43:18 firman-Nya: “Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala!

Salah satu penyebab orang tidak bisa maju adalah susah move on. Dalam istilah psikologi dikenal istilah Latent Inhibition, yaitu kecenderungan tidak bisa mempelajari hal-hal yang tidak familiar. Hal-hal yang diluar kebiasaan atau di luar zona nyaman, sulit untuk kita terima. Kita sudah terlanjur nyaman dengan suatu keadaan, sehingga malas atau tidak mau mempelajari sesuatu yang baru. Kita malah seringnya berandai-andai masih berada di masa lalu yang menyenangkan.

Hari ini mungkin kita mengalami perubahan besar akibat pandemi, perubahan yang tidak menyenangkan dan membuat hidup kita terasa sukar. Mungkin apa yang telah kita bangun selama bertahun-tahun, dan baru saja kita nikmati hasilnya, kini mengalami kehancuran. Dan untuk memulai kembali kita merasa sudah kehabisan daya. Belum lagi melihat situasi kini yang masih belum juga ada kejelasan yang pasti. Hati kita diliputi ketakutan dan keraguan, rasanya lebih mudah untuk berdiam diri saja sambil mengenang masa-masa lalu yang indah. Hal yang sama dialami oleh bangsa Israel ketika meninggalkan Mesir dan masuk ke padang gurun dalam waktu yang lama. Mereka masih suka teringat masa-masa mereka hidup nyaman di Mesir walaupun dalam perbudakan. Tapi Tuhan mengingatkan mereka melalui nabi Yesaya, janganlah takut dan gentar, sebab Tuhan menyertai mereka. Perlindungan, kasih dan jaminan Tuhan tertulis dalam Yesaya 43. “Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! (ay.18) Tuhan hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh.

Ingatlah, segala sesuatu ada masanya. Masa-masa sukar memang harus kita lalui agar kita bisa masuk ke masa-masa kejayaan. Benar, ada kerugian dan kesusahan-kesusahan besar akibat wabah ini, tapi kita tidak boleh tenggelam dalam kesedihan. Suka atau tidak, hidup ini terus berjalan. Inilah waktunya untuk berhenti melihat ke belakang, fokus kan pandangan kita ke depan. Bangkit dan maju, masih banyak hal yang harus kita kerjakan. Masa untuk berdiam diri sudah berakhir, ini saatnya kita mulai keluar dan mulai berkarya. Kuatkan dan teguhkanlah hati, sebab kita punya Tuhan yang luar biasa yang menyertai dan memberkati segala sesuatu yang kita kerjakan. (PF)

RENUNGAN

Ini adalah waktunya untuk BERHENTI MELIHAT KE BELAKANG, dan FOKUS untuk BANGKIT dan MAJU.

APLIKASI

  1. Mengapa Tuhan ingin agar Anda berhenti melihat ke belakang dan fokus untuk bangkit dan maju?
  2. Apa dampaknya dalam hidup Anda jika Anda tidak bisa berhenti untuk melihat ke belakang?
  3. Apa yang akan Anda lakukan untuk memfokuskan diri bangkit kembali dalam iman dan perbuatan?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terima kasih Engkau telah mengingatkan kami untuk bangkit dari masa-masa kesedihan kami. Tuhan, kami mau berfokus untuk bangkit kembali, kami percaya rencana-Mu besar dan indah bagi setiap kami. Dan Engkau menyertai, menuntun dan memberkati kami yang berjalan dalam rencana-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.


Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!